Serapan Anggaran Paling Rendah Hingga Juni 2019, 2 OPD Pemkot Batu Masuk Catatan Khusus Wali Kota

Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

BATUTIMES - Hingga bulan Juni Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2019 dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masih terserap 23,83 persen atau Rp 238 miliar. Namun ada 5 OPD yang memiliki catatan serapan rendah.

Di Pemkot Batu saat ini memiliki 38 OPD. Padahal anggaran tahun 2019 ini ada Rp 1 triliun. Dengan demikian anggaran yang belum digunakan masih kurang lebih Rp 762 miliar. 

“Di pemkot Batu ada 38 OPD, 2 di antaranya memang serapannya masih tergolong sangat rendah," ungkap Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso. Oleh karena itu, dua OPD tersebut masuk catatan khusus Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko.

Dua OPD dengan serapan paling rendah yakni Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) dengan serapan 10,71 persen atau Rp 4,6 miliar dari anggaran Rp 43,7 miliar.

"Seperti DPKPP ini karena banyak proyeknya sehingga masih dalam proses. Sehingga membutuhkan waktu," imbuhnya.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) dengan serapan 17,95 persen atau Rp 10,8 miliar dari total anggaran Rp 60,4 miliar.

Sementara Sekretariat Daerah bagian administrasi pemerintah dan otonomi daerah juga masih mencatat serapan sebesar 15,55 persen atau Rp 418 juta dari jumlah anggaran Rp 2,6 miliar. 

“Sedangkan untuk OPD lainnya serapan mencapai 20 sampai 50 persen. Tentunya rendahnya serapan ini karena ada beberapa faktor,” tambah mantan anggota DPRD Kabupaten Malang ini.

Yakni ada beberapa program masih dalam proses lelang di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). Karena itu ia meminta kepada seluruh OPD agar segera merealisasikan program-program yang telah dirancang agar serapan tidak rendah.

“Melihat serapan yang renda ini kami meminta agar OPD segera melaksanakan program sesuai dengan rancangannya,” tutup politisi PDIP ini.

 

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Heryanto
Publisher :
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->