Mengaku Dapat Mimpi dari Nyi Sindu, Sumber 51 Tahun Digali Kembali

Warga saat menyiduk air sumber air hangat di Sumber Nyi Sindu Dusun Sumbersari, Desa Sumberejo, Kecamatan Batu, Kamis (11/7/2019). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Warga saat menyiduk air sumber air hangat di Sumber Nyi Sindu Dusun Sumbersari, Desa Sumberejo, Kecamatan Batu, Kamis (11/7/2019). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

BATUTIMES - Warga Dusun Sumbersari, Desa Sumberejo, Kecamatan Batu menggali kembali sumber Nyi Sindu di area persawahan. Sumber Nyi Sindu itu kembali digali setelah 1968 tahun silam.  “Sumber Nyi Sindu ini karena dulu informasi dari nenek moyang Nyi Sindu yang jadi bedah kerawang atau babat alas sumber di sini, sudah ada sejak tahun 1965,” kata Pengelola Sumber Nyi Sindu, Sumarno.

Lalu pada tahun 1968 banyak pengunjung dari luar kota mencari obat dan mengunjungi sumber Nyi Sindu. Namun setelah tahun 1968 itu tidak ada yang mengurusi sumber tersebut.

“Sejak saat itu lah sumber itu enggak mengalir  lagi. Lalu setelah ada pembangunan jembatan itu kepala Desa Sumberejo Riyanto mendapatkan mimpi,” imbuhnya, Kamis (11/7/2019).

Dalam mimpi Riyanto itu, Nyi Sindu meminta untuk merawat sumber tersebut dan fokus untuk menata kembali sumber Nyi Sindu. 

Warga sekitar pun dengan inisitif kembali menggali sumber tersebut. Tidak hanya itu saja merupakan juga menggunakan dana swadaya untuk mengembangkan sumber.

Setelah ditemukan, uniknya air ini memiliki tiga rasa. Ada rasa seperti soda, air kelapa, dan asin.

“Setelah kami minum itu rasanya seperti ada sodanya. Lalu seperti air kelapa, juga ada asinnya,” tambah pria 50 tahun ini. 

Menurutnya dengan adanya sumber itu, dari pihak pengairan, Dinas Pariwisata Kota Batu sudah mengecek sumber tersebut. 

Untungnya sumber yang ada di lahan milik warga itu pun, dipersilakan untuk dikembangkan.

“Kemudian mengajak untuk dikelola,” ucapnya.

Sedang sumber air panas lanjut Sumarno, memiliki khasiat untuk segala penyakit seperti pegal linu, gatal-gatal, dan sebagainya.

“Sempat ada warga Sidoarjo mencari air panas ini.  Punya penyakit sempat enggak bisa jalan, tapi setelah 3 kali ke sini sudah bisa,” tutup caleg Pemilu 2019 ini. 

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Heryanto
Publisher :
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->