Idul Fitri 2015

Transportasi Unik Hindari Kemacetan

Alat Transportasi Tradisonal perahu sebagai jalan alternatif dan transportasi alternatif untuk menghindari kemacetan. (Foto: yasin/jatimtimes)
Alat Transportasi Tradisonal perahu sebagai jalan alternatif dan transportasi alternatif untuk menghindari kemacetan. (Foto: yasin/jatimtimes)

MALANGTIMES – Laiknya musim libur lebaran, hampir  semua jalanan di Indonesia dilanda penyakit yang sama yakni macet. Oleh karenanya banyak jalan alternatif dan transportasi alternatif yang digunakan untuk menghindari kemacetan.

Di wilayah Kecamatan Ngraho Bojonegoro khususnya desa-desa yang berbatasan dengan aliran Bengawan Solo mempunyai cara sendiri menghindari kemacetan, yakni dengan memanfaatkan perahu penyeberangan.

Rizal Zen misalnya. Pemuda lajang asal Desa Payaman Ngraho ini misalnya lebih memilih menggunakan moda transportasi tradisional perahu daripada harus berebut jalan di Jalan Raya Cepu-Bojonegoro yang sudah dipastikan macet. “Mendingan lewat perahu ini. Selain cepat juga murah,” katanya.

Untuk sekali jalan menuju pesisir Cepu Jawa Tengah, Rizal hanya membutuhkan Rp 2000 saja. “Selain itu juga enak bisa sekalian rekreasi,” imbuhnya.

Hanya saja menurut, Murtadhlo pemilik jasa penyeberangan ini, banyak penumpang yang sabar untuk menggunakan jasanya. “Kadang-kadang kalau lagi ramai banyak penumpang yang asal serobot. Padahal itu kan bahaya,” kata pria yang sudah puluhan tahun menjadi ‘penambang’ perahu itu.
Ia pun kata Murtadhlo harus tetap memperhatikan keselamatan penumpangnya dengan menghitung jumlah beban maksimal setiap kali perahunya hendak berangkat. “Niatnya kan ingin lebaran kalau celaka kan malah merugikan banyak orang,” katanya santai sambil mengayuh dayungnya. (*)

Pewarta : Fathul Yasin
Editor : Fathul Yasin
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Jatim TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->