Erupsi Gunung Raung

Abu Gunung Raung Guyur 31 Kecamatan

Ilustrasi. Foto: googleimage
Ilustrasi. Foto: googleimage

MALANGTIMES – Guyuran abu vulkanik Gunung Raung menghujani kawasan di 31 kecamatan di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Praktis, aktivitas warga terganggu akibat hujan abu itu.

Hujan abu terparah di Kecamatan Silo, Ledokombo, dan Sumberjambe. ’’Secara umum semua daerah terdampak," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember Heru Widagdo, beberapa saat lalu (24/7).

Menurut dia, meluasnya sebaran abu vulkanik Gunung Raung dipengaruhi oleh arah angin karena beberapa hari terakhir yang mengarah ke Jember.

"Sebaran abu vulkanik ada yang turun cukup deras hingga menyerupai butiran pasir. Ada juga yang turun sangat tipis seperti debu," tuturnya.

Untuk itu, lanjut dia, BPBD Jember setiap hari mendistribusikan masker ke daerah yang terdampak abu vulkanik gunung yang berada di perbatasan Kabupaten Jember, Bondowoso, dan Banyuwangi tersebut.

"Setiap hari kami mendistribusikan ribuan masker kepada warga yang daerahnya diguyur hujan abu vulkanik, namun kami imbau warga yang tidak memiliki kepentingan di luar rumah, sebaiknya di dalam rumah," ucapnya.

Heru menambahkan, hujan abu vulkanis Gunung Raung yang turun selama beberapa hari di Jember menyebabkan aktivitas warga terganggu, terutama warga yang melakukan kegiatan di luar rumah.
"Kami masih belum mendata dan berkoordinasi dengan Dinas Pertanian, apakah abu vulkanik tersebut berdampak pada sektor pertanian," imbuhnya.

Laporan aktivitas Gunung Raung yang diterima BPBD Jember pada Jumat pukul 06.00-12.00 WIB tercatat secara visual cuaca terang, angin tenang, tampak asap kelabu tebal da tekanan lemah dengan ketinggian 1.000 meter condong ke arah barat.

Sedangkan data seismik mencatat tremor vulkanik menerus dengan amplitudo dominan 29 milimeter, sehingga kesimpulan terjadi letusan menerus dan status Gunung Raung masih siaga. (*)

Pewarta : Timothy Peter Ratag
Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Indonesia
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->