Muktamar ke-33 NU

60 Dokter Siaga 24 Jam untuk Muktamirin

Ilustrasi. Foto: googleimage
Ilustrasi. Foto: googleimage

MALANGTIMES – Kesehatan muktamirin benar-benar jadi perhatian serius panitia muktamar. Tak mau kecolongan, panitia melibatkan 60 dokter untuk melayani muktamirin dan simpatisan dalam Muktamar ke-33 NU di Jombang.

Mereka menyebar di 60 pos kesehatan yang disediakan panitia lokal. ’’Para dokter akan siaga di seluruh pos kesehatan selama perhelatan muktamar,’’ ujar dr H Minanur Rohman, ketua PC Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Jombang.

Layanan kesehatan ini, kata Minan, dibuat maksimal untuk melayani muktamirin dan simpatisan dari kalangan nahdliyin. Apalagi jadwal muktamar yang sangat padat dimungkinkan bisa menyebabkan muktamirin kelelahan.

’’Posko kesehatan ini yang akan melayani mereka. Ini untuk mengantisipasi jika ada muktamirin yang sakit. Kami menyiapkan obat-obatan, bed periksa, tabung oksigen kecil, dan masker,’’ ujar Dokter Minan.

Di mana posko kesehatan dibuat? Minan menjelaskan, di Pesantren Tebuireng dan Tambakberas masing-masing didirikan tiga pos kesehatan. Sementara di Rejoso Peterongan dan Denanyar ada satu pos kesehatan.

Sedang di sekitar stadion dan Alun-Alun Jombang juga didirikan satu pos kesehatan. ’’Para muktamirin yang butuh pelayanan kesehatan bisa mendatangi pos tersebut. Posko kesehatan itu langsung di bawah kendali Rumah Sakit NU,” ujar Minan.

Untuk pelayanan maksimal, di masing-masing posko kesehatan ditugaskan tiga dokter, tiga tenaga medis, satu ambulans, serta tenaga relawan dari sekolah kesehatan di Jombang. ’’Ada tiga shift, sehingga total ada 60 orang dokter,’’ paparnya. (*)

Pewarta : Mardiansyah Triraharjo
Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Jatim TIMES
-->