Tidak Terpengaruh Konflik, Pelajar dan Mahasiswa asal Papua di Jember Justru Lakukan Hal Ini

Kapolres Jember AKBP. Kusworo Wibowo bersama dengan Dandim 0824 Jember Letkol. Inf. La Ode M Nurdin menyalami pemain Tim Cinderawasih sebelum pertandingan (foto : Istimewa / JatimTIMES)
Kapolres Jember AKBP. Kusworo Wibowo bersama dengan Dandim 0824 Jember Letkol. Inf. La Ode M Nurdin menyalami pemain Tim Cinderawasih sebelum pertandingan (foto : Istimewa / JatimTIMES)

BATUTIMES - Konflik di Bumi Cenderawasih tepatnya di kota Manokwari Papua dan sekitarnya, tidak mempengaruhi keberadaan pelajar dan mahasiswa asal Papua yang berada di Jember, justru pelajar dan mahasiswa Papua yang ada di kota dengan julukan Kota Carnival sepakat untuk tetap tenang dan tidak terprovokasi.

“Kami pelajar dan mahasiswa asal Papua yang ada di Jember, tidak ikut-ikutan dengan apa yang terjadi dan tidak mau terprovokasi, kami sudah sepakat untuk tidak ikut campur, karena tujuan kami di sini adalah untuk belajar, namun meski demikian kami selalu memantau perkembangan yang terjadi di tanah kelahiran kami,” ujar Tri Romy Yanengga Ketua Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Papua di Jember.

Bahkan pihaknya mengajak teman-temannya yang sama-sama berasal dari Papua, untuk mengikuti kegiatan-kegiatan lomba yang diselenggarakan masyarakat maupun instansi di Jember dalam mengisi HUT Kemerdekaan RI, sehingga bisa berbaur dan bertukar budaya dengan warga yang ada di Jember.

“Bagi kami, Jember sangat aman, oleh karenanya kami mengajak teman-teman asal Papua untuk tidak keluar dari Jember, ingat tujuan kita di sini adalah untuk belajar, dan malam ini, seperti yang dilihat malam ini, kami berbaur dengan pelajar lainnya untuk mengikuti kejuaraan futsal untuk menjalin persahabatan,” tutur Romy.

Romy tidak memungkiri, sejak peristiwa di Manokwari meletus, sejumlah pelajar dan Mahasiswa di Jember sempat khawatir dan takut untuk keluar dari kontrakan, bahkan saat viral di media sosial, beberapa temannya sempat berkeinginan untuk pulang ke Papua.

“Awalnya sempat khawatir dan takut, tapi setelah itu sirna, setelah ada jaminan dari pihak kepolisian, sehingga kami merasa tenang melakukan aktivitas seperti biasanya, seperti malam ini kami Tim Cenderawasih ikut Futsal Kapolres CUP, dan hasilnya pada pertandingan futsal malam ini kami bisa mengungguli lawan 4-1,” terang Romy.

Sementara Kapolres Jember AKBP. Kusworo Wibowo, SH. SIK. MH. yang menyaksikan langsung pertandingan futsal yang dimainkan Tim Cenderawasih mengatakan, bahwa pihaknya bersama dengan TNI di Jember memberikan jaminan keamanan bagi pelajar dan mahasiswa Papua yang ada di Jember.

“Saya bersama dengan pak La Ode (Dandim Jember,red), memberikan jaminan keamanan kepada teman-teman Papua yang ada di Jember, jika ada keluh kesah dan hal-hal yang merisaukan, mari kita rembuk bersama untuk mencari jalan keluarnya, tadi kami juga sudah berkumpul dengan pelajar dan mahasiswa Papua sebelum pertandingan dengan minum kopi bareng,” ujar Kapolres.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres juga menghimbau kepada masyarakat di Jember, agar tetap menjaga kondusifitas wilayah agar tetap aman. “Kita semua orang bersaudara, tidak perlu terbakar emosi, kami selalu ingatkan satu sama lain, alangkah baiknya memandang permasalahan disikapi dengan positif, saling memaafkan dan menjunjung tinggi sportifitas,” pungkas Kapolres. (*)

 

Pewarta : Moh. Ali Mahrus
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher :
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->