Muktamar Ke-33 NU

Saat Muktamar, Makam Pendiri NU Dibuka 24 Jam

Makam Pendiri NU, KH Hasyim Asy'ari. (Foto: Google)
Makam Pendiri NU, KH Hasyim Asy'ari. (Foto: Google)

MALANGTIMES – Momentum Muktamar ke-33 Nahdlatul Ulama (NU) di Kabupaten Jombang, 1-5 Agustus, juga dimanfaatkan oleh muktamirin untuk berziarah ke makam pendiri NU, almarhum KH Hasyim Asy'ari, di Pondok Pesantren Tebuireng. Komplek pemakaman yang biasanya ditutup saat dini hari, sejak even Muktamar dibuka 24 jam untuk umum.

Jayadi, salah satu pedagang kaki lima, di komplek pemakaman KH Hasyim Asy'ari menuturkan, sepekan terakhir pengunjung terus meningkat drastis. Jauh hari sebelum Muktamar, makam dibuka selama 24 jam. "Sekarang sudah dibuka 24 jam," katanya, Sabtu (1/8/2015).

M. Ali Wahdi, salah satu muktamirin, asal Kabupaten Pamekasan mengatakan, sampai di Jombang, langsung menuju ke makam pendiri NU dan KH Abdurrahman Wahid. "Makam pendiri tujuan kami. Habis itu langsung ke Muktamar," akunya.

Ada yang kurang ketika datang ke Jombang tidak ziarah terlebih dahulu ke makam KH Hasyim Asy'ari dan KH Abdurrahman Wahid serta keluarga lainnya. "Semoga dapat barokah dari beliau-beliau itu," harap Ali.

Pria yang saat ini aktivis di Pergerakan Mahasiswa Islam Indoensia (PMII) Pamekasan itu menambahkan, bahwa pada momentum Muktamar NU di Jombang kali ini, memiliki makna tersendiri. Di antaranya, Jombang menjadi tempat dimana Kiai Hasyim membesarkan NU bersama pesantrennya dan adanya keselarasan sejarah antara NU dengan masyarakat Madura yang dikenal religius. 

"Madura juga memiliki sejarah kuat dengan Kiai Hasyim, karena Syaichona Cholil Bangkalan merupakan guru spiritual serta kiai yang memberikan restu atas berdirinya NU," katanya.

Oleh sebab itu katanya, tidak dirasa sah, jika dari Madura tidak bersilaturruh dengan Kiai Hasyim dan para almarhumin di pemakaman pesantren Tebuireng. "Sowan dulu kepada pendiri NU. Karena hal itu adalah tradisi warga nahdliyin," katanya. (*)

Pewarta : Alhafid Rahmana
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Jatim TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->