Kerja Sama dengan Malaysia, Upaya Unikama Internasionalisasi Kampus Jadi Unggulan

Civitas akademika Unikama berfoto bersama dengan delegasi dari KVBP setelah mengggelar kegiatan International Collaboration. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Civitas akademika Unikama berfoto bersama dengan delegasi dari KVBP setelah mengggelar kegiatan International Collaboration. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

BATUTIMES - Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) terus berupaya maju menjadi perguruan tinggi unggulan. Upaya itu salah satunya adalah dengan menginternasionalisasi kampus dengan mengadakan kerja sama dengan sejumlah instansi luar negeri.

Seperti halnya hari ini, Unikama menggelar International Collaboration dengan Kolej Vokasional Balik Pulau (KVBP), Penang, Malaysia, di Kampus Unikama (23/9/2019).

Wakil Rektor  4 Unikama Umiati Jawas PhD menjelaskan bahwa internasionalisasi merupakan salah satu standar penting nomor dua dari sembilan standar sebagai pertimbangan dalam akreditasi.

"Dan ini salah satu upaya kami meningkatkan upaya internasionalisasi di kampus. KVBP ini kalau dilihat seperti Politeknik. Meskipun begitu, kami tetap ada peluang  khususnya dalam upaya pengembangan kemampuan maupun wawasan dosen," ungkapnya.

Maka dari itu, Umiati melihat bahwa hal ini merupakan satu peluang yang bagus untuk terus mengembangkan dan mengasah kemampuan para dosen Unikama.

"Memang biasanya program-program internasionalisasi banyak untuk mahasiswa. Tapi kami ingin dosen-dosen kami juga yang ke sana (luar negeri), untuk mengajar ke sana. Tadi saya juga mengatakan untuk menindaklanjuti hal itu karena  prospek yang bagus," ucapnya.

Selain itu, bukan hanya dosen yang bisa terlibat dalam internasionalisasi kampus. Namun, staf universitas yang merupakan salah satu unsur yang mendukung dalam perkembangan kampus juga perlu untuk magang ke luar negeri guna membuka wawasan dan menambah pengetahuan tentang sistematika akademik di kampus-kampus luar negeri.

"Ya biar mereka tahu manajemen keuangan di kampus luar negeri seperti ini, manajemen akademiknya seperti ini. Mau saya, semua nantinya bisa mendapatkan kesempatan untuk itu, mahasiswa, dosen dan staf," ungkapnya.

Untuk itu, dalam waktu dekat, Unikama akan segera menindaklanjuti agar dosen nantinya bisa ikut dan menggunakan kesempatan terlibat internasionalisasi dengan sebaik-baiknya.

"Nantinya dosen yang akan diikutkan dari Jurusan Sistem Informasi dan Teknik Informatika serta dari Jurusan Bahasa Inggris," ujarnya.

Sementara itu, perwakilan dari KVBP menyambut baik upaya dari Unikama ini. Perwakilan KVBP juga menilai bahwa pelibatan dosen dalam upaya internasionalisasi tersebut merupakan sebuah ide yang bagus.

"Kami akan berbincang lebih lanjut dengan pengarah kami. Ini akan kami bawa pulang dan kami sampaikan. Ini ide yang sangat bagus," ungkap salah seorang perawakilan dari KVBP.

Pewarta : Anggara Sudiongko
Editor : Yunan Helmy
Publisher :
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->