Fakultas Syariah UIN Malang Perluas Wawasan Mahasiswa di Bidang Gender

Kegiatan stadium general bertajuk Hukum Keluarga Islam dalam Perspektif Mubadalah Fakultas Syariah UIN Malang. (Foto: Humas)
Kegiatan stadium general bertajuk Hukum Keluarga Islam dalam Perspektif Mubadalah Fakultas Syariah UIN Malang. (Foto: Humas)

BATUTIMES - Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang terus melakukan berbagai program untuk memacu intelegensi mahasiswanya.

Berbagai diskusi, kuliah umum, seminar, dan lain-lain digelar untuk memperluas wawasan mahasiswa. Topiknya kebanyakan yang relevan dengan fenomena saat ini. Salah satunya mengenai gender.

Beberapa waktu yang lalu, Fakultas Syariah UIN Maliki mengadakan stadium general bertajuk Hukum Keluarga Islam dalam Perspektif Mubadalah yang dibuka dengan materi gender.

Pemateri kuliah gender ini dari Fakultas Syariah, yakni Dr Hj Erfaniah Zuriah MH. Selama ini, Erfaniah tidak hanya aktif mengajar, tetapi juga aktif sebagai tim ahli gender Kementerian Agama Republik Indonesia.

Erfaniah membawakan topik bertajuk “Diskursus Gender Persektif Hukum Keluarga Islam”. Topik tersebut sengaja dipilih untuk memperluas wawasan mahasiswa dan mahasiswi dalam bidang gender.

Menurut Erfaniah, di setiap lembaga PTKIN (perguruan tinggi keagamaan Islam negeri), sebagian besar aktivis gender datang dari jurusan hukum keluarga Islam.

“Tiap saya turun ke PTKIN, kenapa aktivis gender itu rata-rata, hampir 80 persen,  kok dosen al-ahwal al-syakhsiyyah. Ini nanti menjadi riset yang luar biasa,” ungkap Erfan, panggilan Erfaniah. Hal itu dapat disebabkan adanya kedekatan ilmu hukum keluarga Islam dengan fenomena sosial dan keluarga di Indonesia.

Dengan adanya kuliah gender, Erfan juga berharap akan ada mata kuliah gender resmi di jurusan ini. “Karena mata kuliah di al-ahwal al-syakhsiyyah tidak ada spesifik mata kuliah gender. Mungkin nanti akan menjadikan perubahan kurikulum yang mungkin akan diusung oleh Bu Sekjur dan Pak Kajur yang sangat responsif gender,” ungkapnya.
 

 

Pewarta : Imarotul Izzah
Editor : Yunan Helmy
Publisher :
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->