Motivasi Anak Panti Asuhan untuk Membaca, GenBI UIN Malang Dirikan Taman Baca

Salah satu sudut Taman Baca GenBI di Panti Asuhan Akhlaqul Karimah Merjosari. (Foto: Humas)
Salah satu sudut Taman Baca GenBI di Panti Asuhan Akhlaqul Karimah Merjosari. (Foto: Humas)

BATUTIMES - Kegiatan sosial pendidikan terus digalakkan oleh Bank Indonesia wilayah Malang bersama Generasi Baru Indonesia (GenBI) Koordinator Komisariat (Komkor) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang.

Kali ini, taman baca didirikan di Panti Asuhan Akhlaqul Karimah Merjosari. Asisten Manajer Fungsi Koordinasi dan Komunikasi Kebijakan (FK3) BI Wilayah Malang Ratu Umairoh Balqis meresmikan taman baca yang dibentuk GenBI tersebut beberapa waktu yang lalu.

Program kerja yang diprakarsai GenBI Komisariat UIN Malang ini merupakan yang kedua. Yang pertama di taman baca on the road  Alun-Alun Kota Malang.

Dengan adanya taman baca, kata Balqis, program BI dapat bermanfaat bagi masyrakat sekitar wilayah kerja. “Sebelumnya kita mengadakan GenBI Mengajar untuk anak-anak jalanan,” ujarnya.

Kegiatan ini didukung dana program sosial Bank Indonesia wilayah Malang. Selain bermanfaat untuk masyarakat, diharapkan program seperti ini bisa meningkatkan softskill penerima beasiswa BI. Rencananya, akan diadakan kembali taman baca on the road berlokasi di Car Free Day Malang.

Ketua pelaksana Abdul Haris Ubaydillah menjelaskan, taman baca ini bertema "Let’s Read, Be Smart!". "Tujuannya untuk memotivasi anak-anak panti asuhan agar lebih giat belajar," ucapnya.

Hal senada disampaikan Ketua GenBI Korkom Malang Rizki Kurniawan. “Harapannya kita bisa mengadakan kegiatan berkelanjutan di sini, seperti mengajar,” tutur Rizki.

Pihak pengurus panti, Ustad Qori, berencana membuka taman baca ini untuk warga sekitar. “Tidak hanya digunakan oleh anggota panti asuhan, namun juga bisa dinikmati warga,” jelasnya.

Lira Anggraini, salah satu anggota panti asuhan, mengaku senang dengan adanya taman baca tersebut. “Tempat ini memang biasa kita pakai belajar, tapi sekarang lebih nyaman,” ujar siswi kelas delapan tersebut. 

 

Pewarta : Imarotul Izzah
Editor : Yunan Helmy
Publisher :
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->