Indonesia Punya Buah Unik Jarang Diketahui, Buah Apa Sajakah?

Buah Buni merupakan buah unik dari Indonesia. (Foto: istimewa)
Buah Buni merupakan buah unik dari Indonesia. (Foto: istimewa)

BATUTIMES - Indonesia kaya akan keanekaragaman hayati, karena merupakan negara tropis dengan tanahnya yang subur.

Karena itulah beragam buah-buahan pun mampu tumbuh di Indonesia. Bahkan ada beberapa buah yang hanya bisa ditemui di Indonesia saja.

Hanya saja, ternyata ada beberapa buah yang belum banyak diketahui orang. Berikut buah yang jarang diketahui, antara lain:

1. Buah Kelubi

Buah ini memang mirip dengan buah salak pada umumnya. Kelubi sering disebut sebagai salak rimba.

Dari segi rasanya memiliki cita rasa asam, tapi buah ini mengandung banyak vitamin C. Buah ini dapat ditemukan di Lampung, Sumatera Selatan, Riau dan Kalimantan Timur.

2. Buah Buni

Buah Buni mirip dengan cranberry atau anggur, namun memiliki warna kekuningan dan merah kehitaman. Buah ini mengandung banyak air dan sering dijadikan rujak buah dan selai.

3. Buah Gandaria

Buah berwarna hijau kekuningan ini memiliki rasa yang agak asam dan manis. Buah yang sudah matang biasanya digunakan sebagai pelengkap bahan rujak.

4. Buah Kepel

Nama buah kepel memang masih asing di telinga orang-orang, padahal buah ini adalah buah kegemaran para putri keraton. Buah ini dulunya menjadi deodoran dan pewangi alami. Dengan memakan buah yang sudah matang, maka tubuh menjadi harum bak bunga viola.

5. Buah Manau

Buah yang tergolong langka ini adalah buah dari pohon rotan, dan memiliki rasa asam-asam manis. Buah ini dapat ditemui di Kepulauan Bangka, Kepulauan Belitung, Kalimantan dan Sumatera.

6. Buah menteng

Buah ini juga dikenal dengan sebutan buah kemundung atau kepundung. Buah yang mirip dengan duku ini memiliki rasa yang asam-asam manis.

Saat ini, buah menteng sudah sangat sulit ditemukan. Namun di Bogor dan Jakarta masih ada beberapa orang yang menjual buah ini.

 

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher :
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->