Unikama Berkontribusi Majukan IKM Kota Malang Lewat Pelatihan Berbasis Teknologi

Suasana pelatihan IKM(ist)
Suasana pelatihan IKM(ist)

BATUTIMES - Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) turut berkontribusi dalam memajukan Industri Kecil Menengah (IKM) Kota Malang. 

Hal itu dilakukan Business Entrepreneurship Center (BEC) Unikama bekerjasama dengan Dinas Perindustrian (Disperin) Kota Malang untuk melaksanakan pelatihan dan sertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk Animasi 3 Dimensi (3D).

Kepala BEC, Jacobus Wiwin Kuswinardi, S.T., S.Kom., M.Kom menjelaskan, jika kegiatan ini merupakan langkah selanjutnya setelah adanya Memorandum of Understanding (MoU) dengan pihak Disperin tentang kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi antara lain Penelitian, Pengajaran, dan Pengabdian Masyarakat.
Dari Mou tersebut, nantinya akan mensupport Disperin khususnya dalam bidang kewirausahaan berbasis teknologi.


"Kegiatan ini sendiri sudah sejak Jumat lalu dimulai. Kami diminta menjadi narasumber dalam pelatihan IKM se-Kota Malang. Disana Unikama diminta untuk mensosialisasikan dukungan inkubator bisnis unikama dalam mendukung IKM Kota Malang,” ungkapnya

Untuk  para pesertanya, merupakan dari masyarakat umum yang sebelumnya telah dikoordinir oleh pihak Disperin. Sementara, dari pihak Unikama, merupakan pelaksana yang memberikan materi pelatihan.

"Kalau di Unikama kewirausahaan berbasis teknologi ini diinisiasi dan leadernya oleh BEC (Business Economic Center). Jadi, melalui kampus, kita akan membangun start up dari kalangan mahasiswa. Kemudian hasil penelitian dan pengabdian masyarakat dari Dosen akan diwujudkan menjadi bentuk dukungan terhadap IKM,” paparnya

Sementara itu, Dosen Teknik Informatika Unikama, Amak Yunus Eko Prasetyo, M.Kom menjelaskan, jika materi yang diberikan dalam pelatihan dan sertifikasi BNSP ini, sesuai dengan materi yang tertera pada Lembaga Sertifikasi Profesi Teknologi Informasi dan Telekomunikasi Indonesia (LSP TIK).

Pihaknya berharap, jika kegiatan tersebut, agar nantinya bisa dilakukan secara berkelanjutan, dengan jumlah para pesertanya lebih banyak lagi, khususnya untuk kalangan mahasiswa. Sehingga dari sana, akan bisa menjadi modal mahasiswa nantinya dalam mencari pekerjaan ataupun berwirausaha.

 

Pewarta : Anggara Sudiongko
Editor :
Publisher :
-->

    Tidak ada artikel terkait

Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->