Sosialisasi Bahaya Narkoba, Kepala BNN Kabupaten Blitar Bidik 1370 Maba Unisba Blitar

Kepala BNN Kab Blitar, AKBP Bagus Hari Cahyono memberikan paparan bahaya narkoba kepada Maba Unisba Blitar
Kepala BNN Kab Blitar, AKBP Bagus Hari Cahyono memberikan paparan bahaya narkoba kepada Maba Unisba Blitar

BATUTIMES - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Blitar mengadakan sosialisasi bahaya Narkoba kepada Mahasiswa baru Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar, Sabtu (12/10/2019) di Aula Terbuka Kampus I Unisba Blitar, Jalan Mojopahit, Kota Blitar. 

Sosialisasi tersebut diisi langsung oleh Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Blitar, AKBP Bagus Hari Cahyono. Bagus menyampaikan  tentang pencegahan dan dampak penyalahgunaan narkoba. 

Dia juga menjelaskan, bahaya narkoba merupakan bagian dari perang tanpa senjata atau Proxy War. Secara umum, narkoba yang beredar di Indonesia berasal atau dipasok dari luar Negeri. "Kalau dari Indonesia itu ganja dari Aceh. Karena mungkin peninggalan sejak zzaman Belanda. Kalau psikotropika hampir kebanyakan berasal dari luar negeri. Kalau di Indonesia (produsen) yang kecil sudah ditangkap," kata Bagus pada sosialisasi dalam rangka kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di hadapan 1370 Calon Mahasiswa Baru Unisba Blitar.

Pria asli Blitar itu menerangkan peredaran narkoba dilakukan dengan berbagai modus untuk mengelabuhi petugas. "Saya pernah dulu melakukan penangkapan peredaran sabu yang disimpan di dalam dubur oleh seorang perempuan di bawah umur. Awalnya kami tak yakin, karena sinar x-ray tidak mendeteksi. Kemudian narkobanya keluar dari dalam dubur," ujarnya.

Dalam sosialisasi itu Bagus juga berpesan jika para mahasiswa mempunyai saudara atau tetangga yang terpapar narkoba untuk berkonsultasi ke BNN Kabupaten Blitar agar direhabilitasi. Jika menemukan ada warga yang mengedarkan narkoba, mahasiswa diharapkan untuk melapor.

"Kalau ada yang tahu siapa yang memasok narkoba kepada saudara, atau tetangga adek-adek mahasiswa, silahkan melapor nanti akan kami tangkap," tutup Bagus.

Dalam kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Islam Balitar (Unisba) juga hadir narasumber lain dari Dinas Kesehatan Kota Blitar.(*)

Pewarta : Malik Naharul
Editor :
Publisher :
-->

    Tidak ada artikel terkait

Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->