Jelang HUT Kota Batu, Wali Kota Dewanti dan Pejabat Ziarah Leluhur

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko bersama Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso dan SOPD saat ziarah di Makam Mbah Batu, Selasa (15/10/2019).
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko bersama Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso dan SOPD saat ziarah di Makam Mbah Batu, Selasa (15/10/2019).

BATUTIMES - Ada tradisi yang tidak bisa ditinggalkan Pemerintah Kota Batu setiap peringatan ulang tahun. Yakni,  bedah kerawang leluhur Kota Batu. Seperti halnya yang digelar pada Selasa (15/10/2019). Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko bersama Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso pun mengikuti rangkaian acara bedah kerawang leluhur Kota Batu, jelang Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Batu ke 18.

Dewanti juga mengajak Sekretaris Kota Batu Zadiem Effesiensi dan Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) Pemkot Batu. Mulanya ziarah dilakukan ke makam Wali Kota Batu pertama, almarhum Imam Kabul. Kemudian dilanjutkan di Makam Mbah Mayangsari di Desa Pesanggrahan, Makam Mbah Batu di Desa Bumiaji Kota Batu. Di Makam Mbah Mayangsari Desa Pesanggrahan melakukan ritual tabur bunga dan juga doa dipimpin oleh juru kunci makam.

Usai membaca doa dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng sebagai perlambang wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa agar Kota Batu dihindarkan dari mara bahaya, dan kesialan.

Sementara di Makam Mbah Batu leluhur Kota Batu, Dewanti bersama rombongan melakukan tabur bunga dan juga memanjatkan doa bagi sesepuh dan juga keselamatan Kota Batu dipimpin oleh tokoh masyarakat setempat.

Dan terakhir ke Makam Mbah Tunggul Wulung Torongrejo. “Kita tidak lupa kalau beliau-beliau ini yang mbaurekso Kota Batu, kita mendoakan agar beliau khusnul khotimah,” kata Dewanti. “Di sana kita mengucap syukur atas berdirinya 18 tahun Kota Batu. Demikian pesat kemajuannya tidak lupa mengingat beliau yang membaurekso, Batu,” imbuhnya.

Menurutnya ini adalah ziarah ini sudah menjadi tradisi bagi Pemkot Batu sebelum HUT pada 18 Oktober mendatang. Agar warga Kota Batu diberi kesejahteraan, dan ekonominya semakin meningkat.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : A Yahya
Publisher :
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->