Kabupaten Malang Siapkan UPTD Pengolahan Limbah

Ilustrasi limbah. (Foto: sundriesofworld.blogspot.com)
Ilustrasi limbah. (Foto: sundriesofworld.blogspot.com)

MALANGTIMES - Pemerintah Kabupaten Malang, Jawa Timur memulai langkah membentuk Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) pengolahan limbah, khususnya limbah komunal dan limbah rumah tangga.

Hal itu dituturkan Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKTR) Kabupaten Malang, Romdhoni. Ia menyebut rencana itu masih dimatangkan lewat rapat dengan instansi terkait lainnya.

"UPTD ini nantinya di bawah naungan DCKTR. Untuk melaksanakan kegiatan secara teknis terkait pengelolaan limbah domestik memang perlu dibentuk UPTD," ujarnya Rabu (5/8/2015).

Kabid Kebersihan DCKTR Kabupaten Malang Renung Rubi menambahkan, jika UPTD nanti bisa membuka kerja sama dengan pihak swasta, di antaranya usaha sedot WC yang bisa diolah di UPTD Pengolahan Air Limbah (PAL).

Soal lokasi, DCKTR merencanakan pembangunan UPTD di Talangagung, Kepanjen karena saat ini di sana sudah ada instalasi pengolah lumpur dan tinja.

"Selain itu lokasi alternatif yang mungkin bisa di Kecamatan Lawang, Singosari atau Karangploso yang padat penduduk," imbuh Renung. (*)

Pewarta : Ronny Wicaksono (MG2)
Editor : Hari Istiawan
Publisher : Yatimul Ainun
Sumber : TIMES Indonesia
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->