Anak-anak Juga Bisa Berkongres dan Bermusyawarah dengan Baik

Suasana persidangan dalam Kongres Anak XIII malam ini. (Foto: ferry/malangtimes)
Suasana persidangan dalam Kongres Anak XIII malam ini. (Foto: ferry/malangtimes)

MALANGTIMES – Anak-anak juga bisa menggelar kongres dan bermusyawarah dengan baik. Bahkan membuat keputusan terkait hak-hak anak yang sering diabaikan pemerintah.

Kongres anak XIII di Kota Batu hingga malam ini masih berlangsung. Sidang paripurna ke-3 yang dipimpin oleh anak-anak ini menjadi salah satu wujud hak partisipasi anak dalam menyampaikan pendapat. "Forum ini dari anak, oleh anak dan untuk anak," ujar Jimmi Muabuay, fasilitator anak asal Provinsi Papua, Kamis (6/8/2015) malam.

Jimmi menilai, orang dewasa sering menganggap anak tidak mampu memimpin sidang dan mengambil keputusan sendiri. "Disinilah kami berusaha untuk meyakinkan orang dewasa, membuka paradigma mereka untuk dapat mengerti bahwa anak mampu membuat sebuah keputusan untuk mewujudkan setiap hak-hak anak. Inilah partisipasi anak untuk mewujudkan hak-hak anak dengan sidang seperti ini," ujar Jimmi kepada MALANGTIMES dengan bersemangat.

Jimmi, yang pernah menjadi peserta kongres anak‎ tahun lalu mengatakan, anak-anak juga bisa mengambil keputusan dengan bermusyawarah secara baik.

Keberadaan forum anak, menurut Jimmi sangat dibutuhkan. "Agar kita ada wadah untuk menyampaikan hak-hak anak. Tetapi terkadang orang dewasa tidak menganggap forum anak itu ada," pungkas Jimmi. (*)

Pewarta : Ferry Agusta Satrio (MG5)
Editor : Hari Istiawan
Publisher : Rochmat Shobirin
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->