Juara Wilayah, Bulu Tangkis Jatim Lolos PON

Tim bulu tangkis PON Jatim.
Tim bulu tangkis PON Jatim.

BATUTIMES - Cabang olahraga yang mewakili Jawa Timur (Jatim) di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 bertambah. Ini seiring lolosnya bulu tangkis ke pesta olahraga empat tahunan yang akan dilaksanakan di Papua tersebut.

Tiket tersebut diperoleh setelah Jatim putra menang telak 5-0 atas Banten dalam pertandingan Pra-PON 2020 Wilayah 3 di GOR Sudirman, Surabaya, Kamis (7/11). Sukses ini juga diikuti  tim putri Jatim yang dipaksa bekerja keras oleh Banten dengan skor 2-1. 

''Target kami memang harus lolos ke PON. Sesuai yang saya harapkan, bukan hanya tim putra tapi juga tim putri,'' kata Ketua Pengprov PBSI Jatim Wijanarko Adi Mulya.

Namun, dia mengingatkan agar keberhasilan menembus PON itu tak membuat anak asuh trio pelatih Imam Tohari, Jeffer Rosobin, dan Taufiq Hidayat Akbar itu tak berpuas diri. Mereka, ungkap Wijar, sapaan karib Wijanarko, sudah ditunggu hasil yang lebih tinggi, yakni medali di Papua.

''Kami akan melakukan pemusatan latihan jangka panjang dengan sistem promosi degradasi. Pebulu tangkis yang siaplah yang akan kami pakai di PON 2020 nanti,'' ujar Wijar yang juga wakil sekjen PP PBSI itu.

Jatim, baik putra maupun putri, lolos dengan status juara wilayah. Sebelum menang atas Banten, tim putra dan putri menang atas DI Jogjakarta. Di sektor putri, Jatim menang 3-0 atas Jogjakarta dan tim putra melibas habis DI Jogjakarta dengan skor 5-0.

Hanya, dibandingkan pertandingan pertama melawan Jogjakarta, sektor putri sempat membuat deg degan ketika menghadapi Banten. Tunggal pertama Jatim Sri Patmawati dipermalukan Putri Kusuma Wardani dengan dua game langsung 16-21, 17-21. 

''Putri Kusuma pebulu tangkis yang bagus juga. Dia baru saja membawa Indonesia menjadi juara dunia junior,'' ucap anggota Binpres PBSI Jatim Satya Kurniawan.

Untung, dua partai berikut, ganda dan tunggal kedua, mampu disapu bersih Jatim. Pasangan Febrina Dwi Puji Kusuma/Marsheilla Gischa Islami menundukkan wakil Banten Serena Kani/Tryola Nadia 21-12, 21-16 dan Desima Aqmar Syarafina menang 21-13, 21-19 atas Silvi Wulandari. 

Dalam kualifikasi yang dilaksanakan di beberapa wilayah itu, hanya juara yang langsung lolos. Sementara runner-up akan diadu dengan runner up wilayah lain. 

''Selain Surabaya, kualifikasi juga dilaksanakan di Bengkulu, Palangkaraya (Kalteng), dan Manado (Sulawesi Utara),'' jelas Sekjen PP PBSI Ahmad Budiharto yang hadir di GOR Sudirman.

Pewarta : M. Bahrul Marzuki
Editor : Yunan Helmy
Publisher :
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->