Kurang Beberapa Hari Sunset Policy Jilid IV Berakhir, Wajib Pajak Diminta Tak Sia-siakan Program Tersebut

Sunset policy jilid IV (ist)
Sunset policy jilid IV (ist)

BATUTIMES - Program Sunset Policy IV (jilid keempat) yang diluncurkan Pemkot Malang tinggal menghitung hari akan berakhir. Karenanya, masyarakat Kota Malang, khususnya Wajib Pajak (WP) diimbau untuk segera memanfaatkan program tersebut.

Dari data terakhir yang dirilis Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) Kota Malang, tercatat sekitar 3832 WP telah memanfaatkan program penghapusan denda Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) perkotaan itu.

Dari jumlah WP yang memanfaatkan program Sunset Policy IV tersebut, nilai yang terealisasi mencapai Rp 2.415.161.389.

Wali Kota Malang, Sutiaji, mengatakan, meskipun masih kurang, namun untuk Program Sunset Policy Jilid IV, sudah terdapat geliat positif.

"Grafiknya naik. Jadi sebetulnya itu kan perangsang (agar masyarakat membayar pajak, red)," ungkap Sutiaji diwawancarai beberapa waktu lalu di salah satu mal di Kota Malang.

Melihat perkembangan nantinya, pihaknya menegaskan akan melakukan upaya-upaya evaluasi agar bisa mendongrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Malang dari sektor pajak.

"Ya nanti kita evaluasi, reward dan punishmentnya," ujarnya.

Wali kota juga mengimbau untuk masyarakat yang belum memenuhi kewajibannya membayar PBB, untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan Program Sunset Policy.

Mengenai Program Sunset Policy IV, sebelumnya diluncurkan pada 17 Agustus 2019 dalam rangka menyemarakkan HUT ke-74 Proklamasi Kemerdekaan RI dan berakhir pada 17 November 2019 dalam rangkaian peringatan Hari Pahlawan.

Dengan memanfaatkan program Sunset Policy, para WP PBB Perkotaan mendapat keringanan berupa penghapusan sanksi administrasi atau denda atas keterlambatan pelunasan PBB yang belum terbayar sejak tahun 1990-an hingga kurun waktu 2018.

 

Pewarta : Anggara Sudiongko
Editor :
Publisher :
-->

    Tidak ada artikel terkait

Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->