Sukses Sunset Policy PBB, Pemkot Wacanakan Program Sunset Policy Pajak Lainnya

Ilustrasi (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Ilustrasi (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

BATUTIMES - Jika saat ini, Program Sunset Policy yang diluncurkan Pemkot Malang hanya berlaku untuk Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), ke depan Program Sunset Policy akan lebih dikembangkan.

Pemkot Malang, melalui Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) Kota Malang, ke depan mewacanakan untuk adanya program Sunset Policy yang tak hanya berlaku untuk PBB melainkan untuk jenis pajak lainnya.

Pasalnya, program tersebut dinilai sangat efektif untuk membantu mendongkrak penerimaan maupun memperkuat basis data objek dan wajib pajak (WP). Selain itu, program tersebut juga mendapat sambutan dari para WP.

Pemkot Malang mewacanakan program Sunset Policy pajak daerah selain PBB untuk meningkatkan penerimaannya selain memperkuat basis data objek dan wajib pajak.

“Karena itulah BP2D berupaya agar program Sunset Policy ke depan tidak hanya meliputi penghapusan denda PBB semata, tapi juga berlaku untuk pajak daerah lainnya,” ucap Kepala Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) Kota Malang, Ade Herawanto.

Untuk itu, pihaknya telah melakukan kajian serta mematangkan peraturan daerah agar nantinya program Sunset Policy bisa diaplikasikan pada jenis pajak lainnya. Selain itu pihak Pemkot Malang sendiri juga terus berkomunikasi dengan pihak Provinsi Jawa Timur.

“Kami telah mengkaji dan sedang mematangkan Perda supaya Sunset Policy ke depan juga berlaku untuk pajak daerah lainnya selain PBB. Komunikasi intensif dilakukan dengan pihak provinsi dan menunggu keputusan Gubernur Jatim,” bebernya.

Sementara itu, Program Sunset Policy Jilid IV, yang diluncurkan pada 17 Agustus 2019 lalu dan akan berakhir pada 17 November 2019, cukup banyak dimanfaatkan WP. Sekitar 3832 WP memanfaatkan program tersebut dengan nilai realisasi yang cukup besar, yakni Rp 2.415.161.389.

Pewarta : Anggara Sudiongko
Editor :
Publisher :
-->

    Tidak ada artikel terkait

Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->