Hari Pahlawan, Museum Angkut Tunjukkan Mobil Masa Depan

Beberapa mobil masa depan yang dipamerkan di Gamgster Museum Angkut, Minggu (10/11/3019). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Beberapa mobil masa depan yang dipamerkan di Gamgster Museum Angkut, Minggu (10/11/3019). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

Wisatawan dibuat kagum dengan hadirnya atraksi yang berbeda dari biasanya di Gangster Museum Angkut, Minggu (10/11/3019). 

Kali ini Museum Angkut bersama beberapa kampus menunjukkan 4 mobil dari biasanya. 

Ya mereka menggelar Eco Vehicle. Eco Vehicle adalah kendaraan bermotor yang menggunakan bahan bakar ramah lingkungan.

Mobil ini dapat dikembangkan untuk membantu mengurangi jumlah sumber daya tak terbarukan, yang menghasilkan emisi bersih, berjalan efisien dan menghasilkan sedikit CO2. 

Hal ini pun menjadi pertunjukan yang menarik bagi wisatawan yang hadir.

Apalagi mobil-mobil itu satu per satu unjuk kebolehan di hadapan para wisatawan yang ada di sana yang dikemudikan oleh sopir, mereka di dalam mobil itu menggunakan helm dan safety belt.

Mobil-mobil yang unjuk kebolehan itu yakni Marsella Evo 3, buatan dari Apatte 62 Brawijaya Team. 

Mobil ini merupakan pengembangan mobil kelas urban generasi ke 3 pada riset yang dilakukan.

Marsella Evo ini mobil yang turuun di kelas electric battery Urban Concept dengan sumber energi dari baterai.

Mobil ini memiliki bodi yang terbuat dari keviar dengan bahan chassis dari alumunium dengan berat 80 kilogram. 

Kemudian ada Kumbolo Evo 3 buatan dari Semeru Team dengan memiliki full carbon fiber, full chassis, dan good aerobodynamics. 

Mobil ini pernah menjuara beberapa even, mulai dari Juara I Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2018 kategori prototype ethanol, Best Result 543 kilometer per liter, dan Juara I KMHE 2019 kategori prototype ethanol, Best Result63 kilometer per liter.

Lalu ada mobil Barqun Speed buatan dari Mekatronic Team. 

Lainnya ada mobil Akasa Evo 2 buatan Semeru Team dengan memiliki full carbon fiber, full monocoque, dan good aerobodynamics. 

Dan terakhir ada Nogogeni V dan Nogogeni V Evo buatan Nogogeni ITS Team yang berhasil menjuarai beragam kontes nasional dan international.

Operational Manager Museum Angkut, Endang A. Shobirin mengatakan, dalam rangka hari pahlawan dengan bangga memberikan dukungan kreativitas kehebatan inovasi anak bangsa dalam tajuk Eco Vehicle 2019.

“Ini merupakan upaya kami untuk mendukung kreatifitas mobil masa depan yang merupakan kreasi generasi muda yang inovatif,” ungkap Endang. 

Ada 4 universitas ternama yang tergabung diantaranya Universitas Negeri Malang, Universitas Brawijaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Muhammadiyah Malang, dan SMKN 10 Malang.

“Dan ke-5 mobil prototype yang dipamerkan ini  telah menjuarai kompetisi tingkat nasional dan International ini akan kembali mengikuti kompetisi Shell Eco Marathon Asia di sepang, kuala lumpur, Malaysia pada 29 April sampai 2 Mei 2020 mendatang,” imbuhnya.

Dengan hadirnya mobil-mobil ini juga sebagai upaya memberikan edukasi kepada wisatawan yang datang sekaligus mengenalkan bentuk mobil masa depan.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Heryanto
Publisher :
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->