Hanya Buka Layanan UGD 12 Jam, Puskesmas Tiudan Dikeluhkan Warga

Suasana Puskesmas tertutup rapat, tidak ada aktivitas layanan UGD hingga 24 jam / Foto : Istimewa / Tulungagung TIMES
Suasana Puskesmas tertutup rapat, tidak ada aktivitas layanan UGD hingga 24 jam / Foto : Istimewa / Tulungagung TIMES

BATUTIMES - Praktik layanan Unit Gawat Darurat (UGD) di Puskesmas desa Tiudan Kecamatan Gondang dikeluhkan warga. Penyebabnya, layanan UGD yang seharusnya siap melayani pasien hingga 24 jam, namun dalam praktiknya hanya melayani selama 12 jam. Kondisi itu sudah berlangsung beberapa bulan terakhir, calon pasien terpaksa harus cari pengobatan ke Puskesmas lain.

"Kabarnya praktik UGD sengaja ditutup, karena ada praktik terselubung antara pimpinan Puskesmas dan salah satu bidan setempat," kata RJ (initial) saat memberikan keterangan pada awak media, Sabtu (09/11) kemarin.

Praktik terselubung yang dimaksud RJ yakni mereka kerjasama bikin klinik dekat puskesmas.

"Kemudian pasien yang mau berobat ke Puskesmas justru diarahkan pindah ke klinik tersebut," duga RJ tanpa menyebutkan siapa oknum yang dimaksud.

Menanggapi hal tersebut, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Tulungagung, Bambang Triono mengaku akan segera cek ke Puskesmas Tiudan untuk mengetahui kebenaran informasi itu. "Akan kami cek kelapangan dulu," ujar Bambang.

Kemudian, Bambang menjelaskan bahwasanya pelayanan tidak maksimal bisa saja karena kurangnya tenaga dan fasilitas yang ada di Puskesmas yang membutuhkan Unit Gawat Darurat.

"Kalau usulannya dulu karena kekurangan tenaga, juga sarananya kurang memadai kalau untuk UGD 24 jam," jelasnya.

Lebih lanjut, Pria yang juga menjabat sebagai sekretaris Dinas (Sekdin) itu mengaku akan melakukan crosscek dan evaluasi jika diketahui ada upaya bisnis terselubung yang melibatkan orang dalam agar pasien sengaja pindah ke klinik lain.

"Kami perlu croscek juga evaluasi dulu ya, terimakasih informasinya," tegasnya. 

Pewarta : Anang Basso
Editor :
Publisher :
-->

    Tidak ada artikel terkait

Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->