Tahun Ini UMM Turunkan Kuota Penerimaan Mahasiswa

Salah satu peserta ujian gelombang dua UMM saat mengerjakan soal-soal tes di Dome UMM, hari ini (10/8). (Foto: Tania\Malangtimes)
Salah satu peserta ujian gelombang dua UMM saat mengerjakan soal-soal tes di Dome UMM, hari ini (10/8). (Foto: Tania\Malangtimes)

MALANGTIMES - Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali menggelar test ujian masuk untuk calon mahasiswa baru (Camaba), hari ini (10/8). Test tersebut merupakan test gelombang kedua yang diadakan UMM. Tercatat sebanyak 9.187 camaba yang mengikuti test ini.

Pembantu Rektor I, Prof Dr Bambang Widagdo, M.M mengatakan jumlah peminat dan peserta ujian tahun ini sangat meningkat dibanding tahun lalu. Jika pada tahun 2014 gelombang satu, dua dan tiga hanya mencapai 14.000 peserta, tahun ini gelombang satu dan dua saja telah mencapai 17.000 peserta. "Tahun ini peminat membludak, padahal kuota penerimaan hanya 6.000 orang saja," kata Bambang.

Penurunan kuota penerimaan maba tersebut dikarenakan adanya aturan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dikti) terkait penentuan rasio dosen dan mahasiswa. "Penurunan ini juga untuk meningkatkan pelayanan terhadap mahasiswa. Agar dosen bisa lebih fokus dalam memberikan pengajaran," ujar guru besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) ini.

Selain itu, pada pendaftran gelombang dua kali ini, UMM hanya akan menerima sekitar 4.000 peserta. Sebab, pada pendaftaran gelombang satu tercatat sebanyak 2.016 peserta yang telah resmi melakukan her-registrasi dan menjadi maba UMM.

Walau jumlah kuota penerimaan gelombang satu dan gelombang dua sudah mencapai 6.000, UMM akan tetap membuka gelombang tiga pada Rabu (12/8) medatang. "Karena 4.000 peserta yang diterima pada gelombang dua belum tentu nantinya akan melakukan her-registrasi. Karena itu kamu akan tetap membuka pendaftaran gelombang tiga. Walau dengan kuota penerimaan yang sangat kecil," tutup Bambang. (*)

Pewarta : Tania
Editor : Fathul Yasin
Publisher : Rochmat Shobirin
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->