Wow! Liputan Televisi di Kawasan TNBTS Dibanderol Rp 10 Juta

Gunung Semeru. (Foto: googleimage)
Gunung Semeru. (Foto: googleimage)

MALANGTIMES - Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2014 Tentang Jenis dan Tarif Atas Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku Pada Kementerian Kehutanan, bagi media televisi, jika akan liputan mengambil gambar berupa video di kawasan TNBTS, dibanderol senilai Rp 10 juta per paket. Sedangkan Handycam Rp 1 juta, dan foto Rp 250 ribu.

Hal tersebut sudah diberlakukan oleh Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). "Betul. Hal itu sesuai dengan PP Nomor 12," tegas Kepala BB TNBTS, Ayu Dewi Utari, saat ditanya soal biaya tarif liputan, Senin (10/8/2015).

Menurut Ayu, tarif tersebut diberlakukan karena media ada iklannya sehingga dinilai komersil seperti yang disebutkan di dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 12 Tahun 2014 Tentang Jenis dan Tarif Atas Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku Pada Kementerian Kehutanan.

Dalam peraturan tersebut, di halaman 31 tertulis tarif Snapshot Film Komersial
Video Komersil per paket Rp 10 juta, Handycam Rp 1 juta, Foto Rp 250 ribu per paket. Selanjutnya di halaman 35 poin 6 juga dijelaskan bahwa, pungutan kegiatan penelitian, pengambilan gambar, serta pengambilan dan pengangkutan specimen tumbuhan dan satwa liar untuk warga negara asing (WNA) Rp 20 juta dan WNI Rp 10 juta.

Saat tanya apakah tarif tersebut juga sama bagi jurnalis yang murni meliput, misalnya erupsi Gunung Bromo, potensi wisata TNBTS, dan liputan untuk produk jurnalistik lainnya. Ayum menjelaskan, jika para jurnalis yang akan melakukan peliputan atau pengambilan gambar dengan tujuan tertentu seperti sinopsis, cerita, rangkaian kegiatan, dan didukung dengan iklan atau sponsor, maka tetap dikenakan biaya sebagaiana yang tertera dalam PP nomor 12 tahun 2014. "Kecuali jika ada kejadian luar biasa seperti erupsi dan lain-laintidak dikenai biaya," katanya. (*)

Pewarta : Rully Novianto
Editor : Yatimul Ainun
Publisher :
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->