Malang Raya Punya Sejarah Dipimpin Wanita

ilustrasi. (Foto: googleimgae)
ilustrasi. (Foto: googleimgae)

MALANGTIMES - Wilayah Malang Raya, dalam kisah sejarah mempunyai pemimpin wanita. Dialah Kendedes, dikenal sebagai Sri Nareswari, yang berarti wanita utama. Selain itu, ada wanita lain yang muncul sebagai pemimpin. Nama Kusumawardhani, Mahamisi, dan Proboretno merupakan ikon wanita pemimpin yang pernah ada dalam sejarah Malang Raya. Hal ini diungkapkan oleh Dwi Cahyono, dosen Sejarah dari Universitas Negeri Malang.

Dwi Cahyono menjabarkan dalam wawancara dengan MALANGTIMES, Kendedes memiliki keunggulan berupa ke-widyaan-nya. "Selain kecantikannya, Kendedes menjadi simbol perempuan yang matang dalam ilmu dan kepribadian," jelas Dwi dalam wawancara seusai diskusi di rumah makan Jalan Kahuripan 18 Malang (8/9/2015).‎

Gambaran Kendedes seperti ini, menurut Dwi Cahyono, layak diikonkan oleh Malang Raya dalam statusnya sebagai kawasan pendidikan. "Kendedes menjadi "milik" Malang Raya, bukan hanya Kota Malang atau Kabupaten Malang," ujar Dwi.‎

Nama tokoh wanita lainnya adalah Kusumawardani, putri Raja Majapahit, Hayam Wuruk. Dia ditempatkan sebagai raja muda. Kusumawardhani digambarkan sebagai sosok wanita yang berparas cantik dan piawai dalam berkesenian. "Dia memiliki suara yang bagus dan pandai menari," tambah Dwi.

Tokoh perempuan lainnya yaitu ‎Mahamisi, pengganti Kusumawardhani. Perempuan ini pernah tampil menjadi pemimpin. Ikon pemimpin wanita yang lain yaitu ‎Proboretno. Dia merupakan sosok perempuan heroik. Proboretno maju dalam medan perang menggantikan peran yang diemban suaminya, Panji Pulang Jiwo.

Dalam suatu serangan kerajaan Mataram ke Malang, suami Proboretno sedang menjalankan laku spritual. Perannya digantikan oleh Proboretno dengan memimpin pertempuran dan akhirnya gugur. "Proboretno mampu mengambil alih tugas suaminya," lanjut pria yang juga arkeolog ini.‎ Proboretno dikenang sebagai‎ bunga perjuangan tentang perempuan yg heroik, dan berbakti kepada tanah air. (*)

Pewarta : Ferry Agusta Satrio
Editor : Hari Istiawan
Publisher : Rochmat Shobirin
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->