Ingin Menikmati Apel tanpa Digigit? Coba Apel Celup

ASAM MANIS: Risa menunjukkan apel celup buatannya, Selasa (26/1/2016). (foto: nurliana ulfa/batutimes)
ASAM MANIS: Risa menunjukkan apel celup buatannya, Selasa (26/1/2016). (foto: nurliana ulfa/batutimes)

BATUTIMES – Desa Tulungrejo Kota Batu sebagai sentra penghasil apel menjadi inspirasi bagi warganya untuk terus memproduksi produk olahan apel. Tidak hanya kripik apel, jenang apel dan sari apel seperti yang sering terdengar, ada produk olahan apel lainnya, yaitu apel celup. Tentu saja apel ini tidak langsung dicelupkan ke dalam air untuk diminum, namun melalui proses pengolahan.

Produk apel celup ini digagas oleh gabungan kelompok tani (Gapoktan) Mitra Arjuna di Dusun Junggo Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Bentuk dari apel celup ini sangat mirip dengan teh celup. Dikemas di dalam tea bag atau wadah teh berwarna putih transparan, penikmat teh celup dapat langsung menyelupkannya ke dalam air hangat dan menambahkannya dengan gula agar terasa manis.

Risa Wiwin, salah seorang anggota gapoktan Mitra Arjuna yang mengelola teh celup dengan merk Djoenggo ini mengatakan, produk apel ini sudah dibuat sejak tahun 2012. ”Karena produk olahan apel sudah banyak, maka kami ingin membuat jenis olahan apel lainnya yang tidak kalah menarik dengan keripik apel, jenang apel, maupun sari apel,” ungkap Risa.

Menurutnya, para pecinta teh patut merasakan sensasi dari apel celup ini, baik dengan ataupun tanpa gula. Apel celup tetap nikmat dikonsumsi dengan rasa asam khas apel.

Apel celup Djoenggo ini dipasarkan ke toko oleh-oleh di Kota Batu. Selain itu pesanan pun berdatagan dari luar kota, seperti Jogjakarta, Semarang, hingga Manado. Satu pack apel celup ini dibanderol dengan harga Rp 13.000 untuk pembelian grosir. Lalu harga Rp 15.000 hingga Rp 20.000 untuk pembelian eceran di beberapa toko oleh-oleh. (*)

Pewarta : Nurliana Ulfa
Editor : Yosi Arbianto
  • Parfi Kota Batu Bangkit Gerakkan Roda Organisasi

    Roda organisasi Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi) Kota Batu mulai berputar. Salah satu wujudnya mengirim delegasi ke Kongres Parfi XV 2016 di Mataram-Nusa Tenggara Barat, 26-28 Agustus 2016.

  • Ingin Tanaman Tumbuh Subur, Cek Dulu Keasaman Tanahnya

    Salah satu aspek penting yang menunjang produktivitas tanaman pertanian adalah kesuburan tanah. Yang dimaksud kesuburan tanah adalah kemampuan suatu tanah dalam menunjang pertumbuhan dan produktivitas tanaman.

  • Banjir Diskon Umroh Telah Menanti di MOG

    Gelaran Pameran Travel dan Umroh di hall mal MOG Kota Malang baru dibuka besok, Rabu (24/8/2016). Tapi beberapa travel sudah mulai perang diskon hingga fasilitas dan layanan.

  • Seperti Pesta Holi, Tahun Depan Ingin Lagi

    Hidup penuh warna itu lebih indah. Kata mutiara itu sangat tepat menggambarkan event memeringati HUT Kemerdekaan I ke-71 yang diadakan Jatim Park Group di kawasan wisata Jatim Park 2 dan Museum Satwa, Minggu (21/8/2016).

  • Peringati Kemerdekaan, Jatim Park Grup Tabur Warna ke Udara

    Nuansa penuh warna disajikan Jatim Park 2 dan Eco Green Park Kota Batu dalam memeringati Hari Kemerdekaan RI ke-71, Minggu (21/8/2016). Lokasi wisata museum dan pendidikan lingkungan itu menggelar even lari santai bertajuk Colour Fun.

  • Anggota FAJI dan Pemandu Wisata Upacara di Sungai Brantas

    Para penggiat olahraga arung jeram Kota Batu tak ketinggalan menggelar upacara peringatan HUT RI ke-71. Mereka memilih sungai Brantas sebagai lokasi upacara. Lokasi upacara itu tepatnya berada di Dusun Klerek Desa Torongrejo Kota Batu.

  • Mendaki Gunung Welirang, Warga Batu Kibarkan Merah Putih

    Seluruh elemen masyarakat Indonesia memeringati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71, Rabu (17/8/2016). Hal heroik dilakukan sebagian warga Kota Wisata Batu. Mereka melakukan pendakian Gunung Welirang sambil menyanyikan lagu Indonesia Ray

  • Mau Umroh Bersama Zaskia Sungkar? Cek Pameran Umroh di MOG

    Pameran Travel dan Umroh 2016 kembali digelar di Hall MOG pada 24 - 28 Agustus 2016 mendatang. Acara berlangsung mulai pukul 10.00 hingga pukul 21.00.

  • Serunya War Game Airsoft di Coban Talun

    Permainan perang (War Game) menjadi salah satu kegiatan favorit di Coban Talun Kota Batu. Deretan pohon dan tanah berumput di sana sangat mendukung sebagai medan perang. Gundukan tanah dan lokasi yang lapang membuat pemain merasakan sensasi perang nyata.

  • Mau Wisata Gunung ? Jangan Lupa 10 Hal Penting Ini

    Wisata gunung menjadi salah satu andalan di Kota Batu. Ada beberapa lokasi yang menawan untuk dikunjungi. Antara lain Gunung Panderman, deretan pegunungan Putri Tidur, jalur Gunung Butak, Gunung Arjuno dan Gunung Welirang.

  • Simak Tips Berpakaian saat Liburan ke Kota Batu

    Kota Wisata Batu punya beragam lokasi liburan. Mulai dari wahana permainan, wisata pertanian juga wisata pegunungan dan olahraga. Agar aktivitas liburan tetap nyaman di segala kondisi, jangan sepelekan pakaian dan asesoris yang anda kenakan.

  • ER Ulang Tahun ke-56, Habib Syekh Beri Hadiah Qasidah

    Tepat pada tanggal 8 Agustus 2016 Wali kota Batu Eddy Rumpoko genap berusia lima puluh enam tahun. Sejak pagi politisi PDI Perjuangan ini sudah mendapat banyak kejutan dan ucapan selamat dari para kolega.

Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
Top