Ingin Menikmati Apel tanpa Digigit? Coba Apel Celup

ASAM MANIS: Risa menunjukkan apel celup buatannya, Selasa (26/1/2016). (foto: nurliana ulfa/batutimes)
ASAM MANIS: Risa menunjukkan apel celup buatannya, Selasa (26/1/2016). (foto: nurliana ulfa/batutimes)

BATUTIMES – Desa Tulungrejo Kota Batu sebagai sentra penghasil apel menjadi inspirasi bagi warganya untuk terus memproduksi produk olahan apel. Tidak hanya kripik apel, jenang apel dan sari apel seperti yang sering terdengar, ada produk olahan apel lainnya, yaitu apel celup. Tentu saja apel ini tidak langsung dicelupkan ke dalam air untuk diminum, namun melalui proses pengolahan.

Produk apel celup ini digagas oleh gabungan kelompok tani (Gapoktan) Mitra Arjuna di Dusun Junggo Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Bentuk dari apel celup ini sangat mirip dengan teh celup. Dikemas di dalam tea bag atau wadah teh berwarna putih transparan, penikmat teh celup dapat langsung menyelupkannya ke dalam air hangat dan menambahkannya dengan gula agar terasa manis.

Risa Wiwin, salah seorang anggota gapoktan Mitra Arjuna yang mengelola teh celup dengan merk Djoenggo ini mengatakan, produk apel ini sudah dibuat sejak tahun 2012. ”Karena produk olahan apel sudah banyak, maka kami ingin membuat jenis olahan apel lainnya yang tidak kalah menarik dengan keripik apel, jenang apel, maupun sari apel,” ungkap Risa.

Menurutnya, para pecinta teh patut merasakan sensasi dari apel celup ini, baik dengan ataupun tanpa gula. Apel celup tetap nikmat dikonsumsi dengan rasa asam khas apel.

Apel celup Djoenggo ini dipasarkan ke toko oleh-oleh di Kota Batu. Selain itu pesanan pun berdatagan dari luar kota, seperti Jogjakarta, Semarang, hingga Manado. Satu pack apel celup ini dibanderol dengan harga Rp 13.000 untuk pembelian grosir. Lalu harga Rp 15.000 hingga Rp 20.000 untuk pembelian eceran di beberapa toko oleh-oleh. (*)

Pewarta : Nurliana Ulfa
Editor : Yosi Arbianto
  • Peserta VW Gathering, Kagum Koleksi Karmann Ghia di Museum Angkut

    Sebanyak 223 orang komunitas Volkswagen (VW) melakukan gathering tingkat International di Museum Angkut dibuat terkesima. Dalam gathering tersebut, Museum Angkut jadi jujukan para komunitas VW karena tertarik melihat alat-alat transportasi satu-satunya d

  • Tambah Medali, Atlet KONI Kota Batu Kantongi 2 Emas, 2 Perak, dan 2 Perunggu

    Luar biasa, lagi-lagi atlet Kota Batu mempersembahkan tambahan medali emas di Pekan Olahraga Nasional XIX di Jawa Barat. Yakni medali emas, perak dan perunggu. Tambahan untuk kontingen Jawa Timur itu dari cabang olahraga (cabor) paralayang.

  • Wings of Time, Cerita Burung Raksasa di Pulau Sentosa

    Butuh waktu berhari-hari untuk menuntaskan wisata di Singapura. Apalagi bagi yang ingin menikmati semua wahana hiburan di Pulau Sentosa.

  • Asli Wong Batu, H Rudi-Djoned Bakal Majukan Pariwisata dan Pertanian

    Asli wong Batu, ya ini yang ditawarkan bakal pasangan calon H Rudi-Sujono Djonet yang diusung tiga partai yakni PAN, Nasdem dan Hanura dalam pemilihan walikota Batu 2017 mendatang.

  • Atlet Batu Sumbangkan Emas, Perak dan Perunggu di PON XIX

    Sementara, atlet asal Kota Batu berhasil menyumbangkan medali emas, perak dan perunggu di kontingen Jawa Timur Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Bandung, Jawa Barat. Medali emas berhasil diraih oleh Jafro Megawanto, 20, di nomer 'Rice to Goal' perorang

  • Ini Alasan Partai Hanura Ubah Haluan Tak Dukung Dewanti

    Jika sebelumnya partai Hanura memilih mendukung bakal pasangan calon Dewanti Rumpoko-Punjul Santoso yang diusung PDIP. Pada nyatanya dua jam sebelum pendaftaran ditutup, Jumat (23/9/2016) Hanura mengubah haluan, dengan dikeluarkannya Surat Keterangan (SK)

  • Ketahui Kondisi Kejiwaan, Cawali Kota Batu Jalani Tes Psikologi

    Pagi ini, Sabtu(24/9/2016), semua pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Batu melalukan tes psikologi yang merupakan rangkaian dari tes kesehatan yang wajib dilakukan oleh semua pasangan calon.

  • Detik-detik Akhir, H Rudy-Djonet Daftar Tantang Dewanti

    Pertanyaan Partai Amanat Nasional (PAN) berkoalisi dengan siapa untuk mengusung pasangan calon dalam rangka Pilkada Kota Batu terjawab. Partai berlambang matahari terbit ini berkoalisi dengan Partai Nasdem dan Partai Hanura.

  • Masjid Sultan, Masjid dengan Hiasan Botol Kecap

    Memilih tempat salat adalah salah satu agenda ketika jalan-jalan di Singapura. Yang paling berdekatan dengan Marina Bay adalah Masjid Sultan yang ada di Beach Street.

  • Makan Siang Daging Domba Panggang ala Mongol

    Mencari makanan halal menjadi salah satu syarat ketika berwisata di Singapura. Banyak pilihan restoran halal. Salah satunya yang kami kunjungi untuk makan siang adalah restoran Kublai Khan Mongolian BBQ. Restoran ini menyediakan menu seafood dan mongolian

  • Jajal Sirkuit F1 Marina Bay Menuju Taman Merlion

    Jalan-jalan di Singapura dimulai dengan city tour. Kami mengelilingi sirkuit jalanan Marina Bay Street Circuit. Tentunya melaju di sirkuit Marina Bay tersebut menggunakan bus. Bus kami bisa melaju agak kencang karena kondisi jalanan relatif sepi dan turu

  • Gus Din-Angga, Tampung Aspirasi di Kain Putih

    Untuk menuangkan aspirasi masyarakat, tim sukses Hendra Angga Sontha menyiapkan kain putih sebagai bentuk 'Aspirasi Masyarakat Untuk Kota Batu'. Di kain putih itu, maayarakat bebas menuliskan aspirasinya.

Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
Top