Ingin Menikmati Apel tanpa Digigit? Coba Apel Celup

ASAM MANIS: Risa menunjukkan apel celup buatannya, Selasa (26/1/2016). (foto: nurliana ulfa/batutimes)
ASAM MANIS: Risa menunjukkan apel celup buatannya, Selasa (26/1/2016). (foto: nurliana ulfa/batutimes)

BATUTIMES – Desa Tulungrejo Kota Batu sebagai sentra penghasil apel menjadi inspirasi bagi warganya untuk terus memproduksi produk olahan apel. Tidak hanya kripik apel, jenang apel dan sari apel seperti yang sering terdengar, ada produk olahan apel lainnya, yaitu apel celup. Tentu saja apel ini tidak langsung dicelupkan ke dalam air untuk diminum, namun melalui proses pengolahan.

Produk apel celup ini digagas oleh gabungan kelompok tani (Gapoktan) Mitra Arjuna di Dusun Junggo Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Bentuk dari apel celup ini sangat mirip dengan teh celup. Dikemas di dalam tea bag atau wadah teh berwarna putih transparan, penikmat teh celup dapat langsung menyelupkannya ke dalam air hangat dan menambahkannya dengan gula agar terasa manis.

Risa Wiwin, salah seorang anggota gapoktan Mitra Arjuna yang mengelola teh celup dengan merk Djoenggo ini mengatakan, produk apel ini sudah dibuat sejak tahun 2012. ”Karena produk olahan apel sudah banyak, maka kami ingin membuat jenis olahan apel lainnya yang tidak kalah menarik dengan keripik apel, jenang apel, maupun sari apel,” ungkap Risa.

Menurutnya, para pecinta teh patut merasakan sensasi dari apel celup ini, baik dengan ataupun tanpa gula. Apel celup tetap nikmat dikonsumsi dengan rasa asam khas apel.

Apel celup Djoenggo ini dipasarkan ke toko oleh-oleh di Kota Batu. Selain itu pesanan pun berdatagan dari luar kota, seperti Jogjakarta, Semarang, hingga Manado. Satu pack apel celup ini dibanderol dengan harga Rp 13.000 untuk pembelian grosir. Lalu harga Rp 15.000 hingga Rp 20.000 untuk pembelian eceran di beberapa toko oleh-oleh. (*)

Pewarta : Nurliana Ulfa
Editor : Yosi Arbianto
  • Serlita: Saya Suka Menjahit sama Menggambar, Seruu

    KOTA BATU Anak-anak disabilitas atau anak berkebutuhan khusus (ABK) belajar berkreasi di Dusun Ngukir Desa Torongrejo Kecamatan Junrejo Kota Batu, Sabtu (19/2/2017) sore. Mereka belajar menggambar dan menyulam.

  • Lima Hari, 2.500 Remaja Ikuti Pesta Valentine di BNS

    KOTA BATU Dentuman live musik Disc Jockey (DJ) meramaikan Batu Night Spectacular (BNS) sejak 14 hingga 18 Februari. Acara merayakan hari kasih sayang itu berlangsung sejak pukul 19.00 sampai 23.00. Namanya Romantic Beatz.

  • Pola Pengamanan Acak, Dilengkapi 65 CCTV

    Keamanan properti dan penghuninya adalah salah satu pertimbangan pemilihan perumahan di Kota Batu. Untuk itulah, pengelola perumahan Batu Panorama menjalankan sistem keamanan secara acak terstruktur agar penghuni merasa nyaman dan terlindungi.

  • Gotak Gatuk Petuk, Pameran Seni Hasil Kolaborasi

    Para seniman dari berbagai daerah berkolaborasi dalam pameran bertajuk Gotak Gatuk Petuk yang digelar di Galeri Raos Kota Batu, 14 hingga 21 Februari 2017.

  • Ketua Majelis Syura Arab Saudi Berkunjung ke Indonesia

    Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan Ketua Majelis Syura Kerajaan Arab Saudi Dr Abdullah bin Muhammad bin Ibrahim Al Sheikh di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (16/2/2017).

  • Rekap C1 KPU, Dewanti-Punjul Dominasi Semua Kecamatan

    Pasangan Dewanti Rumpoko-Punjul Santoso tinggal menunggu pelantikan menjadi Wali Kota Batu di Desember 2017 nanti. Dari hasil rekapitulasi formulir C1 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), pasangan nomor urut dua ini unggul di angka 44,46 persen.

  • Hitung Cepat UMM, Dewanti-Punjul Menang 41 Persen

    Pasangan Cawali nomor 2 Dewanti Rumpoko - H Punjul Santoso menjadi pemenang dalam hitung cepat Pemilihan Wali Kota Batu, Rabu (15/2/2017) sore.

  • TPS Cinta Bunga, Ada Photobooth dan dan Hadiah

    Dari total 420 tempat pemungutan suara yang ada di Kota Batu, Cinta Bunga menjadi tema di TPS 20 Jalan Abdul Gani Gang II Kelurahan Ngaglik Kota Batu. Jika masuk di TPS 20, lokasinya dipenuhi bunga krisan warna ungu dan putih, Rabu (15/2/2017).

  • Aktivitas Pasar Normal, Pedagang: Biasanya Lebih Ramai

    Aktivitas Pasar Kota Batu relatif normal meskipun Rabu (15/02/2017) ini adalah hari pemilihan pasangan Wali Kota Batu

  • Tak Punya Undangan, Datang saja ke TPS Bawa KTP

    Pemilihan pasangan Wali Kota Batu berlangsung, Rabu (15/2/2017). Tempat pemungutan suara (TPS) dibuka sejak pukul 07.00 pagi dan ditutup pukul 13.00 siang.

  • Gerakan Tanam Cabai, Balitjestro Bagi-bagi Bibit Cabai

    Upaya pemerintah untuk menstabilkan harga cabai dilakukan dengan bagi-bagi bibit cabai rawit kepada ibu-ibu PKK di Kota Batu. Harapannya, ibu-ibu bisa menanam sendiri cabai rawit sehingga harga di pasar berangsur turun dan normal.

  • Isi Valentine, BNS Pesta Musik Romantic Beatz

    Batu Night Spectacular (BNS) menggelar perayaan valentine day dengan pesta musik bertajuk Romantic Beatz. Event tersebut digelar selama lima hari full, sejak 14 hingga 18 Februari mendatang 2017. Acara berlangsung pukul 19.00 hingga 22.00.

Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
Top