Ingin Menikmati Apel tanpa Digigit? Coba Apel Celup

ASAM MANIS: Risa menunjukkan apel celup buatannya, Selasa (26/1/2016). (foto: nurliana ulfa/batutimes)
ASAM MANIS: Risa menunjukkan apel celup buatannya, Selasa (26/1/2016). (foto: nurliana ulfa/batutimes)

BATUTIMES – Desa Tulungrejo Kota Batu sebagai sentra penghasil apel menjadi inspirasi bagi warganya untuk terus memproduksi produk olahan apel. Tidak hanya kripik apel, jenang apel dan sari apel seperti yang sering terdengar, ada produk olahan apel lainnya, yaitu apel celup. Tentu saja apel ini tidak langsung dicelupkan ke dalam air untuk diminum, namun melalui proses pengolahan.

Produk apel celup ini digagas oleh gabungan kelompok tani (Gapoktan) Mitra Arjuna di Dusun Junggo Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Bentuk dari apel celup ini sangat mirip dengan teh celup. Dikemas di dalam tea bag atau wadah teh berwarna putih transparan, penikmat teh celup dapat langsung menyelupkannya ke dalam air hangat dan menambahkannya dengan gula agar terasa manis.

Risa Wiwin, salah seorang anggota gapoktan Mitra Arjuna yang mengelola teh celup dengan merk Djoenggo ini mengatakan, produk apel ini sudah dibuat sejak tahun 2012. ”Karena produk olahan apel sudah banyak, maka kami ingin membuat jenis olahan apel lainnya yang tidak kalah menarik dengan keripik apel, jenang apel, maupun sari apel,” ungkap Risa.

Menurutnya, para pecinta teh patut merasakan sensasi dari apel celup ini, baik dengan ataupun tanpa gula. Apel celup tetap nikmat dikonsumsi dengan rasa asam khas apel.

Apel celup Djoenggo ini dipasarkan ke toko oleh-oleh di Kota Batu. Selain itu pesanan pun berdatagan dari luar kota, seperti Jogjakarta, Semarang, hingga Manado. Satu pack apel celup ini dibanderol dengan harga Rp 13.000 untuk pembelian grosir. Lalu harga Rp 15.000 hingga Rp 20.000 untuk pembelian eceran di beberapa toko oleh-oleh. (*)

Pewarta : Nurliana Ulfa
Editor : Yosi Arbianto
  • Jatim Park Group Agresif, Yakin Datangkan 20 Ribu Turis Manca

    Jatim Park Group optimistis bisa menarik 20 ribu wisatawan mancanegara di tahun 2016 ini. Optimisme itu dilatarbelakangi beberapa respon positif sejumlah travel dan agen perjalanan luar negeri, ketika Jatim Park Group mengikuti agenda travel fair internas

  • Gelitik Pemilih Pemula, KPU Minta Tolong Bian Gindas

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu berupaya membangkitkan hasrat berpolitik kalangan anak muda dengan menggelar konser musik. Pertunjukan musik itu digelar 30 Juli 2016 mulai petang di Balai Kota Among Tani Kota Batu.

  • Poliklinik Amin Kembali Gelar Pap Smear Gratis

    Poliklinik Amin Jalan Sultan Agung Kota Batu bersama BPJS Kesehatan dan Laboratorium Bromo Kota Malang menggelar pap smear dan deteksi kanker payudara gratis, Jumat, (29/06/2016).

  • Sibuk dan Berprestasi, Tapi Tak Lupa Mengaji

    Tema bantengan mengantarkan Alia Disa Rihhadatul Aisy (10) sebagai pemenang pertama lomba membatik tingkat Provinsi Jawa Timur. Lomba digelar dalam rangka Festival Hari Anak Nasional di Surabaya, 25-27 Juli 2016.

  • 17 Agustus, Siswa SD/MI Kota Batu Beri Hadiah Tari Kecebong

    Para siswa SD/MI Kota Batu punya hadiah menarik untuk peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan 17 Agustus nanti. Para bocah itu nantinya unjuk kebolehan dengan menari kecebong.

  • Bunga Chinese Lantern dari Batu Pasok Pasar Jepang

    Bunga Sandersonia aurantiaca yang merupakan tumbuhan asli Afrika Selatan ternyata dapat dikembangkan di Kota Batu. Bunga yang dikenal juga dengan Christmas Bells atau Chinese Lantern ini dibudidayakan di Kota Batu untuk ekspor.

  • Fuad Dwi Yono, Setia Bersama Teater

    Berawal dari kecintaannya terhadap seni sejak kecil, Fuad Dwi Yono (43) gigih mempertahankan dan membangkitkan seni teater di Kota Batu.

  • Sekolah Berkuda Sambil Petik Bunga Ada di Wisata Kuda Kota Batu

    Pemerintah Kota Batu bersama LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) Dadi Asri dan perusahaan swasta Mega Star bekerja sama meramaikan destinasi wisata kuda di lereng Gunung Panderman

  • Tunggu Dua Tahun Lagi, Hadir Dino Park di Kota Batu

    Jatim Park Group bakal membangun destinasi wisata baru Jatim Park 3 di wilayah Desa Beji, Kecamatan Junrejo Kota Batu. Wahana yang dibangun berupa apartemen, dino park, dino hotel, red carpet dan amphitheater. Saat ini pembangunan tersebut masih dalam pen

  • Munas Apeksi Jambi, Kota Batu Usung Keripik dan Bantengan

    Pemerintah Kota Batu memanfaatkan ajang Musyawarah Nasional V Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Munas Apeksi) untuk mempromosikan diri. Munas digelar di Kota Jambi 26-28 Juli 2016.

  • Mau Tantangan Baru? Mendaki Gunung Butak Lewat Panderman

    Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Pesanggrahan Kota Batu berupaya menyosialisasikan lokasi wisata baru. Yakni jalur wisata pendakian Gunung Butak Wlingi Blitar melalui jalur Gunung Panderman

  • Liburan Minggu Depan, Coba Adu Nyali di Superman Coaster

    Penggemar wahana permainan ekstrem belum lengkap bila melewatkan superman coaster Jatim Park 1 Kota Batu.

Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
Top