Ingin Menikmati Apel tanpa Digigit? Coba Apel Celup

ASAM MANIS: Risa menunjukkan apel celup buatannya, Selasa (26/1/2016). (foto: nurliana ulfa/batutimes)
ASAM MANIS: Risa menunjukkan apel celup buatannya, Selasa (26/1/2016). (foto: nurliana ulfa/batutimes)

BATUTIMES – Desa Tulungrejo Kota Batu sebagai sentra penghasil apel menjadi inspirasi bagi warganya untuk terus memproduksi produk olahan apel. Tidak hanya kripik apel, jenang apel dan sari apel seperti yang sering terdengar, ada produk olahan apel lainnya, yaitu apel celup. Tentu saja apel ini tidak langsung dicelupkan ke dalam air untuk diminum, namun melalui proses pengolahan.

Produk apel celup ini digagas oleh gabungan kelompok tani (Gapoktan) Mitra Arjuna di Dusun Junggo Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Bentuk dari apel celup ini sangat mirip dengan teh celup. Dikemas di dalam tea bag atau wadah teh berwarna putih transparan, penikmat teh celup dapat langsung menyelupkannya ke dalam air hangat dan menambahkannya dengan gula agar terasa manis.

Risa Wiwin, salah seorang anggota gapoktan Mitra Arjuna yang mengelola teh celup dengan merk Djoenggo ini mengatakan, produk apel ini sudah dibuat sejak tahun 2012. ”Karena produk olahan apel sudah banyak, maka kami ingin membuat jenis olahan apel lainnya yang tidak kalah menarik dengan keripik apel, jenang apel, maupun sari apel,” ungkap Risa.

Menurutnya, para pecinta teh patut merasakan sensasi dari apel celup ini, baik dengan ataupun tanpa gula. Apel celup tetap nikmat dikonsumsi dengan rasa asam khas apel.

Apel celup Djoenggo ini dipasarkan ke toko oleh-oleh di Kota Batu. Selain itu pesanan pun berdatagan dari luar kota, seperti Jogjakarta, Semarang, hingga Manado. Satu pack apel celup ini dibanderol dengan harga Rp 13.000 untuk pembelian grosir. Lalu harga Rp 15.000 hingga Rp 20.000 untuk pembelian eceran di beberapa toko oleh-oleh. (*)

Pewarta : Nurliana Ulfa
Editor : Yosi Arbianto
  • Gorilla Bawa Ketupat Sambut Wisatawan Jatim Park 2

    KOTA BATU - Area wisata Jawa Timur Park 2 Kota Batu memasang ucapan selamat Idul Fitri dengan ukuran besar. Ucapan ditujukan kepada para wisatawan yang berkunjung. Ucapan selamat Idul Fitri itu tergantung di tangan patung Gorilla setinggi sepuluh meter. D

  • Remaja 19 Tahun Warga Beji Ditemukan Gantung Diri

    KOTA BATU - Warga di Jalan Sarimun Desa Beji Kecamatan Junrejo dibuat gempar. Pasalnya ditemukan sosok pria bunuh diri Jumat (23/06/2017) siang. Laki-laki yang bunuh diri tersebut bernama Alfandi Tatang Argata (19).

  • Coban Talun Kota Batu Suguhkan Taman Seribu Ayunan

    KOTA BATU - Satu lagi wahana liburan di Kota Batu hadir menyambut Lebaran 2017 ini. Yaitu Taman Seribu Ayunan. Lokasinya di area Coban Talun Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji.

  • Bupati Malang Rendra Kresna: Buntu Berkomunikasi dengan OPD, Lapor Saya

    Jalinan mesra profesional antara Bupati Malang Dr H Rendra Kresna dengan media massa di Kabupaten Malang telah lama terjalin. Bahkan sebelum Rendra menjabat sebagai bupati Malang tahun 2010, jalinan komunikasi dengan berbagai media massa telah terbentuk s

  • Tidak Anti-Kritik, Bupati Malang Rendra Kresna Sentil Media Massa Berorientasi Bad News

    Peran pers di era keterbukaan saat ini merupakan keniscayaan bagi tumbuh kembangnya kritik membangun terhadap pemerintahan daerah. Sebagai pilar keempat demokrasi, pers sangat penting sebagai alat kontrol, medium komunikasi dan batu kuat untuk loncatan pe

  • Liburan Tambah Berkesan, Catat Jadwal Even dan Show di Jatim Park

    KOTA BATU - Bagi wisatawan yang berlibur ke Kota Batu sebaiknya rencanakan jadwal dengan matang. Pastikan mengetahui waktu-waktu istimewa atraksi dan show di lokasi Jawa Timur Park Group. Ciptakan liburan bersama keluarga lebih berkesan.

  • Pemadam Kebakaran Batu Kini Punya Aerial Ladder Unit

    KOTA BATU - Perkembangan bangunan di Kota Batu yang pesat diikuti pembenahan sarana pemadam kebakaran. Pemkot Batu pun membeli kendaraan pemadam kebakaran canggih. Keberadaan mobil ini bisa menanggulangi bencana kebakaran lebih efisien dan efektif.

  • Bagi Takjil Sambil Mengenalkan Diri ke Wisatawan

    KOTA BATU - Komunitas Jip Kota Batu bagi-bagi takjil di sekitar kawasan Alun alun Kota Batu, Rabu (21/06/2017) sore. Komunitas mobil medan ekstrem ini memiliki sebanyak 50 anggota. Mereka memberikan minuman untuk membatalkan puasa kepada warga dan wisataw

  • Bupati Malang Rendra Kresna : Pengabdian yang Tulus kepada Masyarakat adalah Wujud Konkret Restorasi Parpol

    Paradigma miring yang semakin meluas dari masyarakat terhadap keberadaan Partai Politik (Parpol) dengan berbagai kasus hukum yang melibatkan para politikus adalah tantangan terbesar seluruh parpol untuk menjawabnya lewat pengabdian tulus kepada masyarakat

  • Konon Andeman Sanankerto Dibuka oleh Adipati Mataram Islam

    Nusantara selalu memiliki kekayaan cerita dari mulut ke mulut (folklor) atas berbagai kejadian dan peristiwa. Pun, dengan sejarah lisan mengenai keberadaan Desa Sanankerto, Kecamatan Turen serta terbukanya areal hutan angker yang kini beralih menjadi daer

  • Boon Pring Andeman Turen, Surga Alam Pohon Bambu

    Tidak perlu jauh-jauh ke Jepang, kalau hanya ingin merasakan sensasi alam berupa hutan bambu yang menawan.

  • Bikin Kaget, Bupati Malang Rendra Kresna Larang Muda Mudi ke Wendit Waterpark!

    Pernyataan Bupati Malang Dr H Rendra Kresna dalam acara Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Pariwisata di Wendit Waterpark, Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, sangatlah menyentak sekitar 200 orang yang hadir.

Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
Top