Ingin Menikmati Apel tanpa Digigit? Coba Apel Celup

ASAM MANIS: Risa menunjukkan apel celup buatannya, Selasa (26/1/2016). (foto: nurliana ulfa/batutimes)
ASAM MANIS: Risa menunjukkan apel celup buatannya, Selasa (26/1/2016). (foto: nurliana ulfa/batutimes)

BATUTIMES – Desa Tulungrejo Kota Batu sebagai sentra penghasil apel menjadi inspirasi bagi warganya untuk terus memproduksi produk olahan apel. Tidak hanya kripik apel, jenang apel dan sari apel seperti yang sering terdengar, ada produk olahan apel lainnya, yaitu apel celup. Tentu saja apel ini tidak langsung dicelupkan ke dalam air untuk diminum, namun melalui proses pengolahan.

Produk apel celup ini digagas oleh gabungan kelompok tani (Gapoktan) Mitra Arjuna di Dusun Junggo Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Bentuk dari apel celup ini sangat mirip dengan teh celup. Dikemas di dalam tea bag atau wadah teh berwarna putih transparan, penikmat teh celup dapat langsung menyelupkannya ke dalam air hangat dan menambahkannya dengan gula agar terasa manis.

Risa Wiwin, salah seorang anggota gapoktan Mitra Arjuna yang mengelola teh celup dengan merk Djoenggo ini mengatakan, produk apel ini sudah dibuat sejak tahun 2012. ”Karena produk olahan apel sudah banyak, maka kami ingin membuat jenis olahan apel lainnya yang tidak kalah menarik dengan keripik apel, jenang apel, maupun sari apel,” ungkap Risa.

Menurutnya, para pecinta teh patut merasakan sensasi dari apel celup ini, baik dengan ataupun tanpa gula. Apel celup tetap nikmat dikonsumsi dengan rasa asam khas apel.

Apel celup Djoenggo ini dipasarkan ke toko oleh-oleh di Kota Batu. Selain itu pesanan pun berdatagan dari luar kota, seperti Jogjakarta, Semarang, hingga Manado. Satu pack apel celup ini dibanderol dengan harga Rp 13.000 untuk pembelian grosir. Lalu harga Rp 15.000 hingga Rp 20.000 untuk pembelian eceran di beberapa toko oleh-oleh. (*)

Pewarta : Nurliana Ulfa
Editor : Yosi Arbianto
  • Moreno Kagumi Kreatifitas MalangTIMES

    Pembalap mobil nasional, Moreno Soeprapto kagumi kreatifitas MALANGTIMES (JatimTIMES Group) yang sukses menggelar event akbar bertajuk Ramadhan Tolak Narkoba, sore tadi, Senin (27/6), di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang.

  • "Doa" Lagu Terbaru SLANK untuk Malang

    Konser Slank di Parkiran Stadion Kanjuruhan Malang tidak saja menyuguhkan lagu-lagu legendaris band yang berdiri tahun 1980 itu.

  • Moreno Soeprapto Didapuk Jadi Duta Tagana Anti Narkoba

    Ramadhan Tolak Narkoba bersama Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa di Stadion Luar Kanjuruhan Kabupaten Malang juga diisi dengan penetapan Duta Tagana Anti Narkoba.

  • Slank Bakar Penonton Dengan Lagu Pembuka "Balikin"

    Grup band legendaris SLANK benar-benar membuktikan diri sebagai grup band paling ditunggu di Malang Raya.

  • Smart City Agriculture Siap Diluncurkan bagi Petani

    Smart city agriculture dan tourism akan segera direalisasikan Pemerintah Kota Batu tahun 2016 ini. Khusus di bidang pertanian, teknologi berbasis internet ini bisa membantu perkembangan pertanian secara komprehensif.

  • Rektor UB: Penanganan Batu Mulia di Negara Lain Lebih Maju

    Sarasehan Batu Mulia digelar di gedung Widyaloka Universitas Brawijaya, Senin (27/6/2016). Dalam sambutannya, Rektor Universitas Brawijaya Prof Dr. Ir. M Bisri merasa prihatin dengan adanya pihak-pihak yang mencemooh kepedulian akademisi terhadap batu mul

  • Para Slanker Berbaur Tertib Dengan Massa

    Konser religi yang dihadiri Grup Band Slank bertepatan dengan Hari Anti Narkoba Internasional ini benar-benar menjadi ajang merajut kebersamaan.

  • Puluhan Ribu Massa Padati Stadion Kanjuruhan Malang

    Puluhan ribu massa dari berbagai elemen mulai muslimat NU, para siswa, mahasiswa dan para slanker mulai memadati Stadion Luar Kanjuruhan Malang.

  • Pemerintah Berikan Layanan Elektronik Modern Bagi Keluarga Miskin Lewat e-Warung

    Malang menjadi kota pertama di Indonesia yang menikmati layanan e-Warung KUBE-PKH Koperasi Masyarakat Indonesia Sejahtera (KMIS). E-Warung adalah program Kementerian Sosial RI berbasis elektronik yang ditujukan bagi keluarga sangat miskin penerima manfaat

  • ABAMI Kabupaten Nabire Puji Kontes Batu Mulia 2016

    Perdagangan, Kontes dan Saraserahan Batu Mulia 2016 kedatangan tamu istimewa yaitu komunitas ABAMI (Asosiasi Batu Mulia) Indonesia Kabupaten Nabire, Papua.

  • Ikan Mas Punten, Dagingnya 10 Persen Lebih Banyak

    Ikan mas Punten dari Desa Punten Kota Batu banyak dilirik para pengembang industri kuliner dan kolam pancing di Jawa Timur.

  • Crew Slank Hadir Lebih Dulu, Personil Menyusul Esok

    Grup Banda Slank yang nanti secara khusus membawakan lagu-lagu religi dan sejumlah hits andalannya juga sudah melakukan persiapan-persiapan jelang acara.

Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
Top