Ingin Menikmati Apel tanpa Digigit? Coba Apel Celup

ASAM MANIS: Risa menunjukkan apel celup buatannya, Selasa (26/1/2016). (foto: nurliana ulfa/batutimes)
ASAM MANIS: Risa menunjukkan apel celup buatannya, Selasa (26/1/2016). (foto: nurliana ulfa/batutimes)

BATUTIMES – Desa Tulungrejo Kota Batu sebagai sentra penghasil apel menjadi inspirasi bagi warganya untuk terus memproduksi produk olahan apel. Tidak hanya kripik apel, jenang apel dan sari apel seperti yang sering terdengar, ada produk olahan apel lainnya, yaitu apel celup. Tentu saja apel ini tidak langsung dicelupkan ke dalam air untuk diminum, namun melalui proses pengolahan.

Produk apel celup ini digagas oleh gabungan kelompok tani (Gapoktan) Mitra Arjuna di Dusun Junggo Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Bentuk dari apel celup ini sangat mirip dengan teh celup. Dikemas di dalam tea bag atau wadah teh berwarna putih transparan, penikmat teh celup dapat langsung menyelupkannya ke dalam air hangat dan menambahkannya dengan gula agar terasa manis.

Risa Wiwin, salah seorang anggota gapoktan Mitra Arjuna yang mengelola teh celup dengan merk Djoenggo ini mengatakan, produk apel ini sudah dibuat sejak tahun 2012. ”Karena produk olahan apel sudah banyak, maka kami ingin membuat jenis olahan apel lainnya yang tidak kalah menarik dengan keripik apel, jenang apel, maupun sari apel,” ungkap Risa.

Menurutnya, para pecinta teh patut merasakan sensasi dari apel celup ini, baik dengan ataupun tanpa gula. Apel celup tetap nikmat dikonsumsi dengan rasa asam khas apel.

Apel celup Djoenggo ini dipasarkan ke toko oleh-oleh di Kota Batu. Selain itu pesanan pun berdatagan dari luar kota, seperti Jogjakarta, Semarang, hingga Manado. Satu pack apel celup ini dibanderol dengan harga Rp 13.000 untuk pembelian grosir. Lalu harga Rp 15.000 hingga Rp 20.000 untuk pembelian eceran di beberapa toko oleh-oleh. (*)

Pewarta : Nurliana Ulfa
Editor : Yosi Arbianto
  • Komunitas Jip Batu dan Regional Jatim Baksos di Coban Talun

    KOTA BATU-Komunitas Jip Kota Batu menggelar Bakti Sosial dan Dolen Bareng Jip Batu pada Minggu (30/4/2017). Para penghobi mobil offroad itu berangkat dari Balaikota Among Tani Kota Batu menuju ke lokasi baksos (bakti sosial) di Masjid Baiturahman, Dusun W

  • Yuk ke Kota Batu, Ada Festival Makanan Chef Harga Kaki Lima

    KOTA BATU-Ingin mencicipi makanan citarasa hotel berbintang dengan harga kaki lima? Datang saja ke Batu Street Food Festival (BSFFC) and Culinary pada Minggu (30/4/2017) di Balaikota Among Tani Kota Batu.

  • Henasatya, Hobi Melawak di Instagram

    KOTA BATU-Namanya Henasatya. Ia bekerja di bagian digital marketing Jatim Park Group. Namanya pun sudah dikenal di instagram, youtube, berkat lelucon yang dibuatnya dalam video singkat berdurasi satu menit. Komedi atau melawak sudah menjadi hobinya sejak

  • Brasco Factory Outlet di Jatim Park 2 Dibuka untuk Umum

    KOTA BATU-Brasco Factory Outlet yang berada di areal Jawa Timur Park 2 terbuka untuk umum, tidak hanya untuk wisatawan. Masyarakat Malang Raya juga bisa berbelanja di sana. Sebab area Brasco Factory Outlet tidak berada di dalam gerbang tiket Jatim Park 2,

  • Batu Berselawat: Raih Syafaat Rasul, Even Wisata dan Ajakan Belajar

    KOTA BATU-Pemkot Batu menggelar beragam even untuk menarik wisatawan. Salah satunya lewat acara selawat bertajuk Kota Batu Berselawat 2017, Kamis (27/04/2017) malam di Balaikota Among Tani.

  • Kota Batu Raih Anugerah Pangripta Berkat Wisata dan Pertanian

    KOTA BATU-Untuk kedua kalinya Kota Batu meraih Anugerah Pangripta Nusantara (APN) untuk kategori kota dengan perencanaan terbaik di tahun 2017. Sektor pertanian dan wisata menjadi sektor utama yang dinilai juri. Perencanaan di kedua sektor itu sangat berd

  • 62 Ribu Batang Rokok Ilegal Dibakar

    KOTA BATU-Sejumlah 4.961 bungkus berisi 62.764 batang rokok tanpa cukai dimusnahkan di depan Gedung Olahraga Gajahmada Kota Batu, Kamis (27/4/2017) pukul 10.30 WIB.

  • Situs Petirtan Dusun Nanasan Diperkirakan dari Abad 10

    MALANG-Situs petirtan di Dusun Nanasan Desa Ngawonggo Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang adalah peninggalan sejarah berharga. Para peneliti benda purbakala dan akademisi menilai banyak cerita di situs petirtan yang diduga berasal dari abad ke-10 Masehi in

  • Ulang Tahun, Satpol Suguhkan Tari Batu Satu Bendera

    KOTA BATU-Ulang tahun Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke-67 dan Perlindungan Masyarakat (Linmas) ke-55 dijadikan momentum menyebar pesan kerukunan. Caranya dengan penampilan tarian kolosal berjudul Batu Satu Bendera.

  • Jatim Juara Umum, Atlet Batu Sumbang Peringkat 5

    KOTA BATU-Kejuaraan Nasional Festival Akuatik 2017 di Aquatic Stadium Jakabaring Palembang sudah berakhir, Selasa (25/04/2017). Jawa Timur pun dinobatkan menjadi juara umum.

  • Kenang Pejuang Emansipasi, Ibu-ibu Sketsa Wajah Kartini

    KOTA BATU-Warga RW 05 Desa Pesanggrahan Kota Batu punya cara unik memeringati Hari Kartini tahun 2017 ini. Para kaum hawa berlomba menggambar wajah pejuang emansipasi wanita itu.

  • Tak Hanya di Papua? Rumah Honai juga Ada di Kota Batu

    KOTA BATU-Ingin mengenal lebih dekat rumat adat Papua bernama honai? Tidak perlu jauh-jauh harus ke Papua. Karena rumah honai itu juga ada di lokasi wisata Gua Pinus Gunung Banyak, Kota Batu.

Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
Top