Gerebek Warok, Cara Masyarakat Junggo Eratkan Persaudaraan

Para warok menampilkan kekompakan dan olah gerak mereka dalam Gerebek warok Junggo, Jumat (28/10/2016) malam. (Foto: Erni Yohanita/BatuTIMES)
Para warok menampilkan kekompakan dan olah gerak mereka dalam Gerebek warok Junggo, Jumat (28/10/2016) malam. (Foto: Erni Yohanita/BatuTIMES)

KOTABATU - Bulan Suro dalam perhitungan bulan Jawa sudah tentu menjadi momen perayaan selamatan di berbagai desa di Kota Wisata Batu. Seperti halnya yang dilakukan warga Dusun Junggo Desa Tulungrejo. Salah satu rangkaian kegiatannya adalah Grebeg Warok Junggo yang diadakan di Balai Dusun Junggo, Jumat (29/10/2016) malam.

Seniman-seniman di Desa Tulungrejo pun ujuk kebolehan. Warga setempat pun antusias menonton hingga memadati Jalan Raya Arjuno Dusun Junggo.

”Kali ini kami bekerjasama dengan Dewan Kesenian Mbatuaji untuk membatu tata panggung. Selain itu tentu dari kerjasama masyarakat Desa Tulungrejo, acara ini dapat terselenggara," ungkap Suparman, Ketua Pelaksana Grebek Warok Junggo kepada BatuTIMES.

Para seniman Junggo dengan beragam usia berpose setelah pertunjukan. (Foto: Erni Yohanita/BatuTIMES)

Acara Grebek Warok tersebut untuk menjaga persaudaraan antara seniman-seniman Dusun Junggo. Termasuk mempererat persaudaraan antar masyarakat Dusun Junggo.

Ada beberapa rangkaian kegiatan dalam selamatan desa itu. Dimulai pagi hari dengan kesenian jaranan dan dilanjut dengan reog beserta waroknya hingga pukul 23.00 malam.(*)

Pewarta : Erni Yohanita
Editor : Yosi Arbianto
Publisher : Yosi Arbianto
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com