Bahan Kentang Sumber Brantas, Raffi Produksi Keripik Kentang Ratato

Raffi Ahmad, Nagita Slavina dan anaknya Rafathar Malik Ahmad bersama Wali Kota Eddy Rumpoko berpose dengan latar belakang lahan pertanian kentang di Sumber Brantas, Sabtu (5/11/2016)
Raffi Ahmad, Nagita Slavina dan anaknya Rafathar Malik Ahmad bersama Wali Kota Eddy Rumpoko berpose dengan latar belakang lahan pertanian kentang di Sumber Brantas, Sabtu (5/11/2016)

KOTA BATU - Artis ibukota Raffi Ahmad jatuh hati dengan kualitas kentang asal Desa Sumber Brantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu.

Presenter acara Dahsyat ini berencana menggunakan kentang Sumber Brantas untuk pabrik snack kentang miliknya. Rencananya snack kentang itu diberi nama Ratato alias Rafathar Potatos.

Raffi bertandang ke Kota Batu bersama istrinya, Nagita Slavina dan anaknya, Rafathar Malik Ahmad. Kedatangannya disambut hangat oleh Wali Kota Batu Eddy Rumpoko.

Raffi, Gigi, dan Rafathar jatuh hati dengan kentang Sumber Brantas.

Raffi bersama keluarga lalu menuju ke lahan pertanian kentang dan green house pembibitan kentang di Dusun Jurangkuali. Ia bertolak ke wilayah lereng Gunung Arjuno itu Sabtu (5/11/2016) sekitar pukul 12.00.

Saat berjalan menuju green house, Raffi mengagumi keindahan alam sekitar. Ia merasa suasana asri karena dikelilingi lahan pertanian kentang. Bahkan mereka juga terkesima dengan varietas kentang hitam milik salah satu petani.

"Saya kesini mencari kentang. Katanya kualitasnya bagus. Nah, kentang ini akan saya olah menjadi keripik kentang produk dari Rafathar anak saya," kata Raffi kepada BatuTIMES.

Rencananya, lanjut Raffi, ia memproduksi keripik kentang untuk diwariskan ke anaknya. Karena sebelumnya Raffi dan Gigi sudah memproduksi keripik singkong, talas, jagung, makaroni, bakmi dan baju.

"Kalau saya julukannya raja singkong, kalau Gigi ibu talas, selanjutnya Rafhatar Ratato (Rafathar potato)," jelas artis asal Bandung ini.

Proses pembuatan keripik kentang rencananya berada di Malang. Dalam sehari dihitung kebutuhan mencapai 20 ton kentang.

Ia lebih memilih bahan baku kentang asal Indonesia khususnya di Kota Batu. Karena ia mempercayai bahwa kualitas kentang di Batu sangat baik.

Raffi (dua dari kiri) saat melihat dan berdiskusi bersama petani kentang.

Selain ke lahan pertanian kentang, Raffi juga berdiskusi bersama tiga petani. Ia berbincang tentang varietas yang terbaik yang akan diolah untuk keripik kentangnya.

"Aku akan tetap beli dengan harga sesuai dengan petani. Gak mau menekan petani, karena di sini saling membantu supaya kesejahteraan mereka meningkat," imbuh presenter yang juga komedian ini sambil menggendong Rafathar.

Terkait pemasarannya, Raffi berencana menjual Ratato di toko-toko kecil di seluruh Indonesia. Kios itu ia beri nama Rekan Raffi. Ketika mereka bisa menjual banyak, maka akan diberi hadiah supaya merasa diperhatikan.

"Masyarakat di daerah pedalaman yang mata pencaharian dari warung kita bantu. Kami beri kesempatan punya pekerjaan yang lebih baik," kata dia.

Ia pun berharap dengan adanya kerjasama dengan petani secara langsung, bisa membantu dan menyejahterakan para petani Kota Batu. "Berjanji akan kerjasama dengan harga baik. Dan kita sama-sama sukses," harapnya.

Sementara itu, Wali Kota Eddy Rumpoko mengatakan sangat senang seorang artis papan atas peduli dengan petani.

Ia pun  mempersilahkan Raffi Ahmad untuk bekerjasama dengan petani. Supaya komoditas kentang asal Sumber Brantas ini bisa lebih terkenal di Indonesia.

"Semoga kerjasama ini bisa membantu Raffi maupun petani," jelas wali kota yang akrab disapa ER ini.

Politisi PDI Perjuangan ini menjelaskan kepada Raffi jika di Kota batu juga banyak lahan pertanian paprika. Raffi mengaku juga akan mempertimbangkan tawaran yang diberikan walikota ER.

Sementara itu, Raffi bersama keluarga berada jadi tontonan warga sekitar. Masyarakat pun berbondong-binding berfoto bersama. Dengan ramah Raffi, Rafathar dan Gigi foto bersama-sama warga. (*)

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Yosi Arbianto
Publisher : Yosi Arbianto
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->