Awal Tahun, Teratai Vihara Dhamadipa Arama Bermekaran

Teratai berdiameter sekitar tiga meter di lokasi sleeping Buddha  Vihara Dhamadipa Arama Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Teratai berdiameter sekitar tiga meter di lokasi sleeping Buddha Vihara Dhamadipa Arama Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

KOTA BATU - Vihara Dhamadipa Arama Kota Batu tidak hanya dikenal sebagai tempat beribadah umat Buddha. Vihara di Jalan Ir Soekarno itu punya daya tarik wisata yang indah. Ada sleeping Buddha (Buddha tidur), taman teratai dan juga mata air mineral.

Di area Budha tidur, ratusan tanaman teratai tumbuh subur hingga mencapai diameter tiga meter. Bunganya sedang bermekaran. Pemandangan ini tidak setiap hari ada. Wisatawan bisa melihat pemandangan tersebut hanya dalam waktu-waktu tertentu ketika teratai sedang mekar.

Teratai berukuran hingga tiga meter itu menunggu hingga sepuluh tahun lamanya. Selain tinggi, ukuran bunga juga besar.

"Bunga teratai jarang ada yang seperti ini. Karena butuh waktu lama sampai bunga teratai bisa beukuran besar," jelas Purnomo, Hubungan Masyarakat (Humas) Vihara Dhamadipa Arama kepada BatuTIMES.

Sementara, mata air mineral terletak di museum bawah tanah area Patirupaka Swedagon Pagoda.

Pengunjung yang ingin mengonsumsi tidak perlu membayar alias gratis. Selain bisa dikonsumsi di lokasi, air mineral tersebut boleh dibawa pulang dengan jumlah yang tidak dibatasi.

"Air mineral ini bebas dikonsumsi oleh siapapun. Mau bawa pulang airnya tidak masalah," jelas Purnomo.

Menurut Purnomo, air tersebut muncul pada tahun 1970 ketika menggali tanah untuk pagoda.

Di museum bawah tanah juga ada beberapa lukisan yang menceritakan sejarah perjalanan sang Buddha. Wisatawan maupun pengunjung bisa lebih jelas mengenal sejarah Buddha dari lukisan.

Ada 10 diorama yang terpampang di museum bawah tanah. Dan juga ada banyak patung Buddha didalamnya.(*)

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Yosi Arbianto
Publisher : Yosi Arbianto
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com