Ada Tentara Jepang di Gua Jepang Coban Talun Kota Batu

Gerbang gua Jepang Coban Talun yang dindingnya diperkuat dengan relief dari semen. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Gerbang gua Jepang Coban Talun yang dindingnya diperkuat dengan relief dari semen. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

KOTA BATU - Area gua Jepang bakal menjadi wahana baru di Coban Talun. Gua yang sudah ada sejak zaman masuknya Jepang ke Kota Batu itu sedang dalam proses pengembangan.

Gua Jepang Coban Talun itu masuk wilayah Dusun Wonorejo Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji. Lokasi gua Jepang ini bisa ditemui dekat loket masuk Coban Talun. Jaraknya mencapai 800 meter dari loket.

Gua itu memiliki panjang 10 meter, lebar dua meter dan tingginya 10 meter. Supaya terlihat menarik, gua itu diberi sentuhan seni relief di depan gua. Lalu juga dibangun gerbang menuju gua Jepang.

Nantinya di dalam gua itu akan diberi lampu untuk penerangan. Lalu dipasang patung-patung Jepang untuk menciptakan diorama masa penjajahan Jepang.

"Sekarang zamannya orang suka foto. Jadi kami buat gua ini menarik untuk difoto. Kami kembangkan dengan menambakan patung atau yang lainnya. Supaya cantik ketika difoto," ungkap Koordinator Wana Wisata Coban Talun, Samsul Huda kepada BatuTIMES, Kamis (25/5/2017).

Pengerjaan penyempurnaan gua itu sudah berjalan selama 20 hari yang lalu. Kemajuan pengerjaannya sudah mencapai 75 persen dari total perencanaan.

Menurut Samsul, warga khususya Dusun Wonorejo ingin terus mengembangkan wisata yang ada di daerah mereka. Selain untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, juga memanfaatkan yang sudah ada supaya lebih terawat.

"Potensi seperti ini sayang jika tidak dikembangkan. Ini juga salah satu aset peninggalan Jepang. Jika dirawat dan dikembangkan, bisa membantu mengangkat perekonomian warga sekitar," kata Samsul.

Tidak hanya mengangkat destinasi, lanjut Samsul, pihaknya merenovasi gua Jepang  untuk mengajak warga supaya tidak semata-mata menjadi petani. Melainkan ada penghasilan lainnya.

Sebelumnya di wana wisata Coban Talun sudah ada wahana Pagupon, Apache Camp dan Taman Bunga. Wahana-wahana itu menjadi destinasi pilihan wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu.

Sedangkan tarif wana wisata Coban Talun Rp 10 ribu. Untuk masing-masing wahana dikenakan tarif Rp 5 ribu.

"Nah, rencana kami jika gua Jepang sudah kami buka tarifnya Rp 5 ribu. Tapi kita lihat nanti," jelas pria asal Dusun Wonorejo Desa Tulungrejo ini.(*)

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Yosi Arbianto
Publisher : Yosi Arbianto
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->