Permainan Ibu dan Anak Bisa Hindarkan Anak dari Kecanduan Gawai

Permainan ibu bersama anak bisa dilakukan dengan alat-alat sederhana yang ada di rumah. (Foto: Kampung Dongeng for BatuTIMES)
Permainan ibu bersama anak bisa dilakukan dengan alat-alat sederhana yang ada di rumah. (Foto: Kampung Dongeng for BatuTIMES)

KOTA BATU - Bermain permainan sederhana adalah salah satu metode ampuh untuk menjalin kedekatan ibu dan anak.

Bermain dengan anak tidak perlu menggunakan mainan atau peralatan mewah. Lewat barang sederhana yang ada di rumah,  ditambah sedikit kreativitas, jadilah permainan yang menyenangkan.

Tengok sejumlah 25 anak TK di Kota Batu yang bermain bersama ibunya dalam Pekan Ceria Kampung Dongeng di Lobi Balaikota Among Tani, Minggu (6/8/2017).

Anak dan ibu ini melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan. Bisa pula untuk menguji kekompakan anatara anak dan ibu.

Misalnya permainan keseimbangan bola di atas botol. Yang dibutuhkan cukup botol air minum bekas, tali plastik dan bola plastik berdiameter kira-kira 5 centimeter.

Lalu botol tersebut dirangkai dengan tali di enam penjuru. Pemegang tali harus menyeimbangkan agar bola di mulut botol tidak jatuh.

Model permainan lain adalah menjaga bola dengan kening. Anak dan ibu berhadap-hadapan yang masing-masing kening menjepit bola agar tidak lepas.

Ada pula permainan anak dan ibu membuat huruf dengan menggunakan tali. Anak dan ibu berhadapan sehingga melihat huruf dari sisi yang berbeda.

"Seperti ibu dan anak kami minta membuat huruf secara berhadapan. Pasti sudut pandangnya berbeda. Ini memberikan pelajaran bahwa kalau berbicara dengan anak jangan berhadapan. Tetapi di sampingnya," kata Pranowo, instruktur permainan.

Menurut Pranowo permainan ini merupakan cara supaya para ibu mengetahui jika berbicara dengan anak jangan secara berhadapan. Melainkan dengan cara merangkul anak tepat disampingnya.

"Kesimpulan dari permainan ini adalah bahwa berbicara dengan anak jangan berhadapan. Tapi dengan dirangkul supaya cara pandangnya sama," tambahnya kepada BatuTIMES.

Pranowo berpesan, untuk mendekatkan anak dan ibu tidak perlu dengan menggunakan permainan mewah atau harus beli.

Dengan peralatan sederhana plus sedikit kreasi, bisa membuat anak lebih nyaman dan menjadi dekat.

"Anak senang bermain dengan ibunya. Gak perlu jalan-jalan atau pergi ke luar kota. Botol yang  ada di depan mereka bisa berguna kok kalau bisa mengolahnya. Itu saja bisa membuat  tertawa lepas," jelasnya.

Permainan sederhana itu selain bisa mendekatkan anak dengan ibunya juga sebagai upaya menghindarkan anak dari kecanduan gawai (gadget).

Sementara itu Ketua Kampung Dongeng Malang Raya Amida Ratna Shambawa mengatakan, kegiatan tersebut merupakan permainan sentuhan antara ibu dan anak. Agar kedekatan keduanya terjalin lewat hal mudah dan sederhana.

"Kegiatan seperti ini ada setiap bulan satu kali. Setelah dongeng lalu ada bimbingan antara ibu dan anak supaya mereka lebih dekat," ungkap Amida. (*)

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Yosi Arbianto
Publisher : Yosi Arbianto
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com