HUT ke-72 Republik Indonesia

Selama Agustus Pemandu Wisata Wajib Cerita Pahlawan Asal Batu

Anggota Batu Guide Community saat memandu wisatawan di wisata petik apel. (Foto: BGC for BatuTIMES)
Anggota Batu Guide Community saat memandu wisatawan di wisata petik apel. (Foto: BGC for BatuTIMES)

KOTA BATU - Batu Guide Community punya cara berbeda dalam memeringati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Republik Indonesia. Apa itu? Saat memandu wisatawan, seluruh anggota yang bertugas wajib menjelaskan nama-nama pahlawan kemerdekaan dari Kota Batu kepada wisatawan.

Nama-nama pahlawan kemerdekaan asal Kota Batu itu antara lain Munif, Darsono, Abdul Gani, Ikhwan Hadi, Diran, Samadi, Sajid dan Sudiro. Nama itu saat ini dijadikan nama jalan di beberapa desa dan kelurahan.

Abdul Gani adalah nama seorang tokoh pejuang dari Desa Ngaglik Kota Batu. Lalu Ikhwan Hadi adalah nama tokoh pejuang dari Kota Batu yang gugur saat melawan Belanda di Desa Gunungsari.

Ada nama Mohammad Sahar, seorang pejuang yang tugas utamanya mencuri senjata Belanda.

Ketua Umum Batu Guide Community Kota Batu, Adilia Uyak mengatakan para pahlawan tersebut telah gugur dalam peperangan melawan Belanda. Nama-nama mereka diabadikan sebagai nama jalan

"Bagi anggota yang bertugas dalam memandu wisatawan, akan di tuntut bisa menjelaskan nama nama pahlawan asli Kota Batu, seperti Munif, Darsono dan lain-lain," ungkap Uyak, kepada BatuTIMES, Kamis (17/8/2017).

Hal tersebut dilakukan sebagai wujud mengenang jasa-jasa para pahlawan. Sekaligus mengenalkan kepada wisatawan tentang pahlawan yang ada di Kota Batu.

"Supaya wisatawan yang ke Kota Batu tidak hanya mengenal wisatanya. Tapi juga tahu banyak pahlawan Batu yang berjuang melawan Belanda saat itu," imbuhnya.

Rencananya, para guide akan memberikan penjelasan nama-nama pahlawan asli dari Kota Batu ini selama bulan Agustus. "Iya mereka kami memberikan penjelasan ini sampai akhir bulan nanti," katanya. (*)

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Yosi Arbianto
Publisher : Yosi Arbianto
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->