Harga Seledri Anjlok, Petani Seledri Tetap Kerja Ekstra

Harga seledri per kilogram di tingkat petani Rp 2.000. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Harga seledri per kilogram di tingkat petani Rp 2.000. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

KOTA BATU - Musim kemarau memaksa petani seledri di Kota Batu harus rajin menyiram tanamannya. Tak cukup itu, petani harus mengalokasikan air irigasi untuk merendam sejenak (dilep) areal seledri agar seledri tidak layu atau kekeringan.

Jamik, petani di Desa Sumberejo Kota Batu mengatakan, saat musim panas, perawatan pada tanaman seledri harus ekstra. Setiap hari ia harus menyiram tanamannya.

"Kalau kena hujan tanamannya gak perlu lagi untuk disiram. Tapi kalau kemarau seperti ini, harus setiap hari disiram," ungkap Jamik, Kamis (24/8/2017).

Tak cukup disiram. Ia harus mengairi lahan sawah atau istilahnya dilep. Fungsi dari mengairi sawah ini supaya tanah menjadi basah dan tanaman seledri tidak kekurangan air. "Biasanya saya mengairi sawah satu minggu sekali," katanya kepada BatuTIMES.

Menanam seledri bisa menjadi sumber petani meraup untung. Sebab, selain perawatannya cukup mudah, tanaman ini bisa dipanen berkali-kali dalam waktu yang relatif panjang.

Masa tanam seledri hingga tujuh bulan. Selama tujuh bulan itu, petani bisa memanennya tiap minggu.

"Seteah masa tanam tiga bulan, baru bisa dipanen selama satu minggu sekali," kata perempuan 45 tahun ini.

Meskipun tergolong tanaman yang mudah ditanam, seledri kerap menjadi santapan ulat dan hama cabuk putih.

Untuk mengendalikan hama ulat dan cabuk putih, petani mengandalkan penyemprotan pestisida. Penyemprotan dilakukan tiga hari sekali.

"Kalau biasanya nyemprot lima hari sekali atau empat hari sekali, sekarang tiga hari sekali supaya bisa mengendalikan hamanya," kata Jamik saat ditemui di persawahan Dusun Kaliputih Kelurahan Sisir Kecamatan Batu.

Harga seledri untuk saat ini sedang anjlok. Di tingkat petani harganya hanya Rp 2 ribu per kilogram. Harga tersebut tergolong murah sebab harga termahal bisa mencapai angka Rp 15 ribu per kilogram. (*)

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Yosi Arbianto
Publisher : Yosi Arbianto
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com