Cukup Menggiurkan, Petani Setia Tanam Selada Air

Di area persawahan selada air di Jalan Metro, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu banyak petani yang tanam selada air karena masa panen cepat dan air sungai yang jernih. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Di area persawahan selada air di Jalan Metro, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu banyak petani yang tanam selada air karena masa panen cepat dan air sungai yang jernih. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

KOTA BATU – Musim kemarau sangat menguntungkan bagi para petani sayur selada air. Salah satunya petani selada air yang berada di Jalan Metro, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu. 

Pemilihan sayur ini karena kualitas air sungai sangat jernih sehingga kualitas sayur lebih bagus dan banyak dicari. Apalagi masa panennya juga lebih cepat itu cukup menguntungkan. Sehingga banyak petani yang konsisten menanam selada air.

Sampun, petani selada air, Jalan Metro, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu mengatakan, saat musim kemarau kualitas sayur selada air sangat  bagus. Karena kulitas air yang jernih sangat berdampak pada sayur. Selain itu juga berdampak dengan masa panen yang lebih cepat selama 40 hari.

“Kalau musim kemarau seperti ini sangat menguntungkan bagi petani masa panen yang lebih cepat dan kulitas sayur sangat bagus,” kata Sampun, Jumat (8/9/2017).

Untuk satu kali panen bisa menghasilkan hingga 30 ribu ikat sayur selada air. Dibandingkan dengan saat musim penghujan hanya bisa mendapatkan 10 ribu ikat. 

"Untuk satu kali panen bisa mendapatkan uang hingga Rp 20 juta bersih,” ungkap Bapak yang memiliki lima orang anak kepada BatuTIMES.

Hal serupa pun juga dirasakan petani dusun Sumbersari, Desa Sumberejo, Kecamatan Batu, Waderin, sayur selada air sangat menguntungkan ditanam saat ini. Asalkan aliran air mencukupi untuk mengairi sawah.

“Karena waktu panen yang sangat singkat dan kualitas sayur yang bagus, sangat menguntungkan bagi petani selada air. Sehingga beberapa petani pilih selada," urai Waderin. 

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com