Serunya Berwisata dan Belajar Pohon Pinus di Alas Ini

Para pengunjung menjajal wahana top hammock yang tersusun sejumlah 10 hammock dipasang antara pohon pinus yang cukup tinggi. (Foto: Irsya Richa/ BatuTIMES)
Para pengunjung menjajal wahana top hammock yang tersusun sejumlah 10 hammock dipasang antara pohon pinus yang cukup tinggi. (Foto: Irsya Richa/ BatuTIMES)

Di Coban Talun, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, ada wahana wisata yang mengandalkan pohon pinus. Namanya Alas Pinus semua wahananya dikonsep dekat dengan pohon pinus.

Di sana terdapat beberapa wahana seperti treetop, wall climbing, flyingfox, jembatan elvis, top hammock dengan total 10 hammock tersusun di antara pohon pinus. Selain itu juga ada spider hammock dan omah pinus dengan beragam bentuk.

Menariknya lagi, sekeliling wahana tersebut dilengkapi dengan taman berbagai bunga dan tanaman kopi. Bukan hanya dimanjakan dengan wahana dan alam yang indah, di Alas Pinus pengunjung yang datang juga bisa mendapatkan edukasi tentang tanaman pinus.

Pengelola Alas Pinus, Coban Talun Heru Waskito mengatakan pengunjung tidak sekedar menikmati wahana yang disediakan. Namun juga bisa mendapatakn edukasi terkait masalah konservasi lahan. Kemudian pengenalan tanaman pinus, ekaliptus dan sebagainya.

“Kami ingin pengunjung yang datang ke sini selain dapat kesenangan tapi juga dapat edukasinya. Jadi berwisata dan beredukasi tentang pohon pinus,” ungkap Heru, Senin (2/10/2017).

Selain mendapatkan edukasi, pengunjung juga diwajibkan untuk menanam tanaman yang sudah disiapkan. Kemudian saat pulang akan diberikan bibit tanaman supaya bisa ditanam di rumah. 

“Jadi pengunjung kami wajibkan untuk menanam di area sini. Supaya wisatanya lebih seru sambil melestarikan hutan,” imbuhnya kepada BatuTIMES.

Sementara itu, pengunjung Indah Restanty, menjelaskan hadirnya tempat wisata yang dibubuhi dengan edukasi terkait kehutanan sangat menarik. Sehingga tidak hanya sekedar senang menikmati wahana, tapi juga sambil melestarikan hutan.

“Senang di sini, karena bisa menikmati sejuk dan dinginnya Alas Pinus sambil edukasi pohon pinus,” kata Indah sambil bergelantungan pada hammock.

Selain itu, di Coban Talun ini juga terdapat Waterfall, Taman Bunga, Apache Camp, dan Pagupon Camp.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : debyawan erlansyah
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com