Apel Batu Kini Tak Lebih Hanya Sebatas Ikon (2)

Batu Mulai Panas, Setiap Tahun Pohon Apel Produktif Menurun

Salah satu perkebunan apel di area Kecamatan Bumiaji. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Salah satu perkebunan apel di area Kecamatan Bumiaji. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

KOTA BATU - Iklim sangat memengaruhi perkembangan buah apel di Kota Batu. Kota yang awalnya dingin dan cocok untuk apel kini perlahan-lahan mulai panas sehingga mengikis apel.  

“Kita lihat memang pengaruh global warming mempengaruhi tanaman apel di Kota Batu. Tumbuhnya saat ini sudah tidak terlalu bagu karena memang apel butuh udara yang cukup dingin,” ungkap Kabid Kabid Hortikultura Dinas Pertanian Pemkot Batu Yayat Supriatna, Sabtu (14/10/2017).

Diketahui tahun 90-an memang Kota Batu ini merupakan masa kejayaan dari buah apel dengan kualitas bagus. Karena itu kota ini dijuluki dengan kota apel. Sebab, saat itu kondisi geografisnya sangat memungkinkan ditumbuhi pohon apel. Sehingga menghasilkan buah apel yang melimpah.

“Waktu itu diketahui tahun 90-an di sini cuacanya sangat dingin. Jadi. pohon apel saat itu jaya. Ketika kondisi tanah bagus sehingga buah  apelnya melinpah,” kata Yayat.

Menurut Yayat. nasib tanaman apel dimasa mendatang akan banyak dipengaruhi oleh perkembangan mutu lahan. Nelihat perubahan iklim yang berubah-ubah. 

Untuk saat ini desa yang ditanami pohon apel ada di Kecamatan Bumiaji. Ada beberapa desa antara lain Desa Tulungrejo, Desa Punten, Desa Gunungsari, Desa Bulukerto, Desa Bumiaji, Pandanrejo, Desa Sumbergondo dan Desa Giripurno. 

Di sana ditanami berbagai apel varietas apel seperti nanalagi, anna, rome beauty. Sejak masa kejayaannya, hingga pengaruh global warming pohin apel produktif mulai berkurang setiap tahunnya hal tersebut dilihat dari data Dinas Pertanian Pemkot Batu. “Memang setiap tahun data yang kami kumpulkan itu hasilnya ada penurunan," kata dia. (*) 

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Lazuardi Firdaus
Publisher : Raafi Prapandha
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->