KONI Cairkan Bonus Rp 350 Juta, Juara Dunia Rika Wijayanti Terbesar

Ketua KONI Kota Batu Zainul Arifin (dok BatuTIMES)
Ketua KONI Kota Batu Zainul Arifin (dok BatuTIMES)

KOTA BATU - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) bersama Pemkot Batu mencairkan dana Rp 350 juta untuk bonus atlet berprestasi tahun 2017.  

Sejumlah 100 orang atlet hari ini, Sabtu (28/10/2017) menerima penghargaan itu di Gedung Olahraga (GOR) Gajahmada Kota Batu. Sebelumnya mereka berkonvoi di jalanan Kota Batu dalam acara Gebyar Batu Berprestasi.

Atlet paralayang putri, Rika Wijayanti menjadi penerima penghargaan terbesar. Rika tercatat dalam sejarah olahraga Kota Batu sebagai satu-satunya atlet Kota Batu yang bisa menjadi juara dunia paralayang putri.

Rika Wijayanti melambungkan nama Kota Batu di kancah internasional dengan menjadi juara dunia wanita individu kompetisi Paragliding Acuracy World Cup (PGAWC) 2017. Kejuraaan resmi ini digelar oleh Federation Aeronautique Internationale (FAI).

Rika mengumpulkan poin maksimal dari empat seri yang digelar. Seri 1 di Indonesia, seri 2 di Versac Serbia, seri 3 di Sant-Mount Piere, Kanada dan seri 4 atau seri terakhir di Slovenia. Seri 4 baru berakhir akhir September 2017 lalu.

”Rika mendapatkan bonus atlet paling besar, 25 juta rupiah,” ungkap Ketua KONI Kota Batu Zainul Arifin.

Pria yang akrab disapa Jinung ini menambahkan, program bonus ini naik 200 persen dari sebelumnya karena prestasi atlet juga naik.

Kenaikan prestasi ini wujud dari pembinaan berkelanjutan yang sesuai dengan renstra KONI. "Kenaikan prestasi ini hasil pembinaan, bukan kebetulan," ungkap Jinung.

Selain Rika, lima atlet paralayang yang juga menjuarai kejuaraan yang sama dalam kategori beregu dan individu juga mendapat bonus.

Atlet lainnya dari selam, karate, wushu, gulat, tarung derajat, tinju, taekwondo, dan tenis lapangan.

Sekretaris KONI Kota Batu Mahfud menjelaskan, pukul 13.00, para atlet tersebut diarak dengan menaiki jeep. Meliputi atlet yang mendapatkan bonus dan juga atlet puslatkot. Total 161 orang atlet yang diarak dalam 10 jeep.

Start dari Balai Kota Among Tani Kota Batu dan finish di GOR Gajahmada, area Stadion Brantas Batu.

Rute konvoi melewati Jalan Panglima Sudirman-Jalan Hasanudin-Jalan Suropati-Jalan Abdul Gani-Jalan Sultan Agung-Jalan Imam Bonjol-Jalan Diponegoro-Alun-Alun Batu-Jalan Gajahmada-Jalan WR Supratman-Jalan Sahar Utara-Jalan Sultan Agung-dan finish di stadion Batu.

”Kami mohon maaf kepada pengguna jalan. Ini adalah apresiasi kami terhadap atlet yang telah berjuang keras mengharumkan nama Kota Batu di kancah internasional, nasional maupun daerah,” ungkap Mahfud. (*)

Pewarta : Muklas
Editor : Yosi Arbianto
Publisher : Yosi Arbianto
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com