Kasus Penebangan Pohon Masuk Hearing DPRD Kota Batu

Ketua Komisi B DPRD Batu, Suwandi saat berada di Kantor DPRD Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Ketua Komisi B DPRD Batu, Suwandi saat berada di Kantor DPRD Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

KOTA BATU - DPRD Kota Batu melakukan hearing dengan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Pemuda Muhammadiyah Kota Batu. Hearing ini terkait penebangan pohon di Jalan Ir Soekarno, depan Jatim Park 3 dan KUD Batu, Senin (30/10/2017).

Pemanggilan untuk membahas penebangan pohon trembesi lebih dari 7 pohon. Mereka yang hadir dari OPD adalah Kepala Dinas Lingkungan Hidup Arief As Siddiq, Kepala BPM Eny Rachyuningsih, Kabid Bappeda Batu Endro Wahyudi, dan Robiq Yunianti, Kepala Satpol PP Kota Batu.

Ketua Komisi B DPRD Batu Suwandi mengatakan pemanggilan ini bertujuan meminta tanggapan dari berbagai pihak tentang penebangan pohon. Di mana penebangan pohon ini menimbulkan banyak respons dari berbagai kalangan khususnya warga Kota Batu. 

“Yang menjadi problem saat ini adalah besarnya pohon yang ditebang apakah nantinya akan diganti dengan ukuran yang sama sesuai pohon tersebut. Itu kan pohonnya sudah bertahun-tahun,” ungkap Suwandi.

Diketahui pemohon penebangan pohon yaitu KUD Batu. Sedangkan pelaksana pemotongan pohon adalah Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga Provinsi Jawa Timur yang sudah memberikan izinnya.

Perwakilan Pemuda Muhammadiyah Kota Batu Irfan mengatakan yang menjadi permasalah bukan hanya penebangan pohon.

Namun berkurangnya pohon di Kota Batu ia meminta agar dinas terkait membuat program penanaman pohon agar suhu tidak panas dan lebih hijau di jalan utama.

“Terkait penghijauan kami inginkan perlu banyak ditumbuhi pohon terutama di jalur protokol. Diketahui saat ini suhu kota batu terus meningkat panasnya,” kata Irfan.

Sementara itu, Kepala DLH Batu Arief As Siddiq, menjelaskan kedepannya DLH Kota Batu sudah memerogramkan penanaman pohon yakni seribu pohon supaya Kota Batu tidak terlihat gersang bekerja sama dengan komunitas masyarakat dan pihak terkait.

Sementara terkait penebangan tersebut pihaknya mengawasi dari penggantian pohon yang ditebang. 

“Kami sudah memiliki program terkait dengan penanaman pohon yang nanti akan menggandeng beberapa elemen,” ujar Arief.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Heryanto
Publisher : Raafi Prapandha
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->