Isrin, Atlet Pencak Kota Batu Juara Perisai Diri International Championship

Isrin (tengah) usai menerima medali juara pertama putri kelas D kategori tanding. (Foto: IPSI for BatuTIMES)
Isrin (tengah) usai menerima medali juara pertama putri kelas D kategori tanding. (Foto: IPSI for BatuTIMES)

KOTA BATU - Pembinaan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Batu mulai menampakkan hasil. Salah satu atlet putri, Firdiah Isrin Tsamarah Lewenussa, meraih juara pertama putri kelas D kategori tanding.  

Juara itu diperoleh dari turnamen Perisai Diri International Championship, 26 Oktober - 02 November 2017 di Universitas Brawijaya Kota Malang.

Ajang bergengsi tersebut diikuti kurang lebih 400 atlet dari perwakilan tiap provinsi se-Indonesia. Juga ada peserta dari luar negeri. Antara lain utusan dari Jepang dan Australia.

Muladi, Ketua IPSI Kota Batu mengatakan, prestasi Isrin cukup membanggakan. "Ini menjadi pelecut. Agar atlet IPSI Kota Batu mau maju dan berkontribusi jadi juara dunia," tegas Muladi.

Muladi menambahkan, adanya turnamen perisai diri internasional ini, membuktikan kalau pencak silat masih menjadi olahraga yang prestisius. Tidak lagi dipandang sebelah mata.

Meskipun, olahraga pencak silat milik masyarakat Indonesia, namun peserta luar negeri juga tertarik dan mengikuti turnamen.

Pria yang tinggal di Dusun Kajang Barat Desa Mojorejo Kota Batu ini melanjutkan, pengurus IPSI Batu tetap komitmen melakukan penyeleksian atlet.

Pihaknya membawahi enam perguruan di bawah bendera IPSI KONI Batu. Yakni tapak suci, Persinas ASAD, Merpati Putih, PSHT, Pagar Nusa dan Perisai Diri.

Dari pembinaan yang dilakukan selama ini, ada 18 atlet yang kompeten dari masing-masing perguruan. Salah satunya ada nama Firdiah Isrin Tsamarah Lewenusa, arek Songgokerto Kota Batu.

"Seleksi ini sudah jadi budaya. Sebab, pada tanggal 22-26 November 2017 ada kejurprov yang memerebutkan Piala Gubernur Jatim," kata suami dari Arik Dwi Utami ini.

Untuk itu, pihaknya berrupaya agar para atlet IPSI Kota Batu bisa juara dan mengharumkan nama Kota Batu pada ajang Kejurprov Pencak Silat Jatim.

Rencananya kejuaraan digelar di GOR Sidoarjo, 22-26 November 2017. Selanjutnya akan dilakukan pembinaan dan pemusatan pelatihan bagi atlet berprestasi agar atlet semakin terasah saat bertanding.

"Mohon doa restu masyarakat Batu agar atlet pencaksilat juara dan berprestasi," kata Muladi. (*)

Pewarta : Muklas
Editor : Yosi Arbianto
Publisher : Yosi Arbianto
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com