Karya Batik Tulis Hingga Mesin Stirling Mejeng di Showcase Sekolah Rujukan SMP Se-Jatim di Balai Kota Among Tani

Salah satu karya batik tulis milik SMPN 1 Batu ditampilkan dalam Showcase Sekolah Rujukan Jawa Timur, di Balai Kota Among Tani, Sabtu (25/11/2017). (Foto: Irsya Richa/ BatuTIMES)
Salah satu karya batik tulis milik SMPN 1 Batu ditampilkan dalam Showcase Sekolah Rujukan Jawa Timur, di Balai Kota Among Tani, Sabtu (25/11/2017). (Foto: Irsya Richa/ BatuTIMES)

BATUTIMES - Sebagai sekolah rujukan yang ditunjuk langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), 38 SMP di Jawa Timur saling unjuk gigi dalam Showcase Sekolah Rujukan Jawa Timur. Kegiatan yang berlangsung di Balai Kota Among Tani ini menyuguhkan berbagai karya kreatif.

Sebagai tuan rumahnya adalah SMPN 01 Batu yang menjadi sekolah rujukan di Kota Batu. Misalnya saja, sekolah ini menunjukkan karya-karya batik tulis dengan ikon Kota Batu seperti apel dan banteng yang sempat jadi jawara dalam even nasional. Bahkan hasil karya itu juga dipamerkan dalam fashion show di hadapan 37 sekolah rujukan jawa Timur lainnya.

“Kami menyuguhkan karya yang sudah pernah juara nasional yakni batik tulis. Ya karena di acara ini memang masing-masing sekolah harus menunjukkan yang terbaik,” ungkap Bambang Irawan, Kepala SMPN 01 Batui, Sabtu (25/11/2017).

di sekolah lainnya juga tidak kalah kreatif dengan menunjukkan karya dari olahan bahan bekas menjadi barang berguna, hingga lukisan-lukisan cantik. Misalnya saja dari SMPN 1 Magetan, yang memamerkan karya dari bahan bekas baterai yang bisa menghidupkan hingga lima lampu sekaligus. Kemudian mesin striling yakni mini diesel berputar tanpa berhenti dengan bahan bekas menjadi pembangkit listrik uap panas.

Kemudian pelajar juga mengikuti workshop pembuatan karya tulis dengan bahan yang ada saat showcase. Yang nantinya hasil tersebut dikumpulkan dalam bentuk buku dan dikirimkan kepada Kemendikbud sebagai wujud kegiatan ini telah terselenggara.

Menurut Bambang, acara ini merupakan pameran unggulan dari masing-masing sekolah rujukan. Yang nantinya bisa menularkan kepada sekolah lainnya, SMP negeri ataupun swasta di kota masing-masing. “Di acara ini mereka menunjukkan karya unggulannya. Supaya bisa dicontoh juga bagi sekolah lain, itu tujuannya supaya sekolah di Jawa Timur bisa maju,” tambahnya kepada BatuTIMES.

Semenatar itu, pelaksana tugas (plt) Wali Kota Batu Punjul Santoso menjelaskan kegiatan showcase ini bisa menginspirasi sekolah lain. “Paling tidak keunggulan di daerahnya bisa diserap di sekolah lain,” kata Punjul.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Angga Lanuma

    Tidak ada artikel terkait

Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com