Kota Batu Kekurangan 30 Guru Agama dan Olahraga

Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Batu Samun. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Batu Samun. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

BATUTIMES - Lulusan pendidikan agama Islam dan olahraga rupanya punya peluang besar jika mendaftarkan menjadi guru di sekolah dasar Kota Batu. Ya, karena hingga saat ini Kota Batu kekurangan guru  agama Islam dan olahraga untuk jenjang sekolah dasar. Jumlah kekurangannya  kurang lebih 25-30 guru.

“Untuk saat ini kami kekurangan guru, khususnya guru agama dan olahraga. Kurang lebih 25 hingga 30 guru untuk SD,” ungkap Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Batu Samun.

Kekurangan guru dua mata pelajaran itu bisa terjadi karena belum adanya rekrutmen pengangkatan. Kemudian terbatasnya lulusan dua mata pelajaran tersebut. “Kurangnya guru ini sepertinya karena masih minimnya lulusan di perguruan tinggi,” ucap Samun kepada BatuTIMES.

Dengan demikian, cara mengatasi kekurangan guru ini salah satunya dengan guru satu merapel hingga dua sekolah. “Jadi, untuk sementara ini, guru agama atau olahraga ini merangkap harus bolak balik dari satu sekolah ke sekolah lain. Mereka sudah diatur jamnya supaya tidak  bentrok. Misalnya di sekolah A jumat, ya di sekolah B Sabtunya,” jelas Samun saat ditemui di area Stadion Brantas Kota Batu.

Karena kondisi memaksa, beberapa guru tersebut harus membagi jamnya dengan sekolah lain. Sebab, untuk sekolah yang menggunakan kurikulum 2006, mata pelajaran agama Islam dan olahraga hanya  tiga jam dalam satu minggu. Sedangkan yang menggunakan kurikulum tahun 2013 harus menempuh hingga empat jam dalam satu minggunya.

“Dalam satu minggu itu, untuk kurikulum tahun 2013 itu empat jam. Sedangkan yang kurikulum 2006 selama tiga jam itu untuk setiap tatap muka selama satu minggu sekali,” tambahnya.

Sementara itu, jumlah anggota PGRI Kota Batu, lanjut Samun, sekitar 4.300 orang. Mereka g terdiri dari 3.600 aparatur sipil negara (ASN) dan sisanya honorer. (*)

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Angga Lanuma
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com