Dua Prestasi Ditorehkan Siswa dan Guru SLBN Kota Batu

Dwi Putranto yang merupakan guru kelas di SLBN 1 Kota Batu (kiri) dan siswa Indra Krisfila saat berada di sekolahnya, Jumat (1/12/2017). (Foto: Irsya Richa/ BatuTIMES)
Dwi Putranto yang merupakan guru kelas di SLBN 1 Kota Batu (kiri) dan siswa Indra Krisfila saat berada di sekolahnya, Jumat (1/12/2017). (Foto: Irsya Richa/ BatuTIMES)

Meski memiliki keterbatasan fisik, dua warga Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Kota Batu ini mampu menunjukkan sebuah prestasi gemilang. Namanya Dwi Putranto (24) guru kelas peraih juara nasional dan Indra Krisfila (16) siswa SMP peraih juara provinsi yang baru-baru ini meraih prestasi membanggakan.

Untuk Dwi Putranto yang merupakan guru kelas di SLBN 1 Kota Batu yang juga penyandang tuna rungu ini baru saja meraih juara dalam Jambore Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi penyandang disabilitas di Jakarta pada 15-20 November lalu.

Guru yang juga model ini memenangkan dua kejuaraan sekaligus, yakni Juara 1 Kategori Individu Usia Dewasa Microsoft Excel dan Ms. Word dan Juara I Kategori Kelompok Desain Presentasi. "Kebetulan saya suka dengan dunia komputer sudah lama dan bersyukur bisa menang di jenjang nasional ini," ungkap Marquel sapaan Dwi Putranto dalam tulisan kertas, Jumat (1/12/2017).

Dalam kegiatan yang diselenggarakan Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia ini, tidak mudah akhirnya bisa menyisihkan 92 penyandang disabilitas perwakilan dari masing-masing provinsi di seluruh Indonesia. 

"Jika hari-hari anda diisi oleh aktivitas yang tak bermutu, maka anda hanya mampu prestasi yang tak bermutu," imbuhnya kepada BatuTIMES.

Ia pun berharap dengan keterbatasan fisik yang dimilikinya tidak menyurutkan semangatnya untuk berprestasi. Ia ingin menjadi teladan bagi muridnya agar mereka semangat membuktikan kepada masyarakat luar bahwa Anak-anak Berkebutuhan Khusus (ABK) bisa berprestasi.

Prestasi lainnya diraih oleh siswa SMPLB Indra Krisfila (16) melalui cabang seni lukis. Di ajang Festival & Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), remaja asal Desa Durek Giripurno Kecamatan Bumiaji ini memenangi Juara 1 Lomba Melukis SMPLB/SMALB Tingkat Regional Provinsi Jatim di ajang FLS2N.

Dengan demikian, Indra akan mewakili Jawa Timur di ajang lomba melukis di tingkat nasional mendatang. Kegemarannya dalam dunia lukis ini sudah dilakoninya sejak ia masih kecil. Setiap kali ada waktu,  ia mengasah kemampuannya tersebut. "Saya melukis sudah sejak masih kecil. Senang bisa ikut lomba lalu memang, berharap nanti bisa menang di nasional," harap penyandang tuna rungu ini.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com