Mulai 2018, Pemkot Batu Rombak Total Pasar Besar

Pasar Besar Kota Batu yang terletak di Jalan Dewi Sartika, Kelurahan Temas, Kecamatan Batu, memiliki luas area hingga 4,5 hektare. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Pasar Besar Kota Batu yang terletak di Jalan Dewi Sartika, Kelurahan Temas, Kecamatan Batu, memiliki luas area hingga 4,5 hektare. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

BATUTIMES - Pasar Besar Kota Batu tudak lama lagi akan berubah wajah. Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskumdag) Kota Batu bakal melakukan perombakan Pasar Besar secara keseluruhan.

Rencana perombakan dimulai tahun depan. Pada 2018 untuk semester I, Diskumdag  memiliki komitmen merevitalisasi pasar. Dalam jangka pendeknya, Diskumdag mengusulkan pembuatan master plan Pasar Besar Kota Batu secara keseluruhan. 

“Konsen kita di tahun 2018 adalah Pasar Besar Kota Batu. Tidak mau mengerjakan setengah-setengah. Langsung digarap seluruhnya,” ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Diskumdag Kota Batu Arief As Siddiq, Rabu (6/12/2017).

Arief akan mengusulkan permohonan bantuan langsung kepada Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Ada dua upaya yang dilakukan. Yakni membuat master plan Pasar Besar Kota Batu dan mengusulkan anggaran yang kurang lebih mencapai Rp 90 miliar.

“Kita berupaya untuk melakukan yang maksimal agar Pasar Besar Kota Batu ini jadi bagus dan wisatawan mau mampir,” imbuhnya saat ditemui di Balai Kota Among Tani.

Saat ini bangunan Pasar Besar Kota Batu berdiri di atas lahan 2,5 hektare. Sedangkan sisanya, 2 hektare, terbagi untuk lahan parkiran dan sebagainya. “Lahan keseluruhan Pasar abesar Kota Batu ini ada 4,5 hektare dengan lima unit pasar. Bangunan saja 2,5 hektare. Sisanya parkiran dan lain-lain,” ungkap Arief.

Rencana Arif, dalam master plan, pembangunan bangunan diminimlisasi menjadi satu hektare. Sisanya 3,5 hektare bisa digunakan untuk rest area dengan fasilitas 30 kamar mandi dilengkapi musala dan air hangat. "Sekarang itu bis-bis kalau ke Batu datangnya pagi-pagi. Pasti cari rest area. Jadi, harus kami manfaatkan. Nanti kalau mandi, bayar berapa gitu,” tambahnya kepada BatuTIMES.

Bukan hanya itu. Rencananya pasar baru akan dilengkapi dengan pusat klinik serta kuliner pagi, siang hingga malam hari. Bahkan Pasar Besar Kota Batu akan dibangun dengan model semimodern.

“Nanti kalau mereka istirahat dengan tempat yang bersih, bisa menikmati kuliner yang disediakan setiap waktu. Memang kita buat semimodern seperti itu, Bahkan nanti rencananya kita beri fasilitas troli seperti di supermarket supaya wisatawan belanjanya enak,” ungkap bapak tiga putri ini.

Pembangunan secara total ini, lanjut Arief, bisa mendatangkan banyak wisatawan ke Kota Batu sambil berbelanja di Pasar Besar. Hal tersebut sekaligus untuk meningkatkan perekonomian para pedagang Pasar Besar Kota Batu.

“Supaya kunjungan wisatawan di Kota Batu meningkat. Kemudian memfasilitasi wisatawan yang datang ke sini supaya berkesan dan meningkatkan perekonomian warga Pasar Besar Kota Batu,” tutupnya. (*)

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com