Akhir Tahun, Pemkot Batu Yakin Capai Target 4,2 Juta Wisatawan

Salan satu wisatawan sedang memberikan makan wortel kepada gajah di Batu Secret Zoo, Jatim Park 2. (Foto: Irsya Richa/ BatuTIMES)
Salan satu wisatawan sedang memberikan makan wortel kepada gajah di Batu Secret Zoo, Jatim Park 2. (Foto: Irsya Richa/ BatuTIMES)

BATUTIMES - Hadirnya wana wisata dan spot baru di Kota Batu yang memukau para wisatawan ternyata juga berimbas pada bertambahnya kunjungan wisatawan. Karena itu pada musim liburan akhir tahun ini Pemkot Batu yakin target yang diprediksi yakni 4,2 juta kunjungan wisatawan tahun 2017 ini tercapai.

“Apalagi sekarang itu banyak spot baru yang unik, lalu ada wana wisata baru juga. Kami yakin target kunjungan wisatawan ini bisa tercapai,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Imam Suryono.

Bahkan Imam yakin jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Batu ini akan terus meningkat. Terlebih munculnya objek wisata baru seperti, Batu Flower Garden (Coban Rais), Taman Langit (Gunung Banyak) dan Jatim Park 3. Wisata lama juga eksistensinya tidak kalah seperti Taman Rekreasi Selecta awal Desember bahkan telah membukukan kunjungan mencapai 1 juta lebih.

”Karena itu kami optimis target antara 4,1 juta -4,2 juta kunjungan wisatawan terpenuhi tahun ini. Tapi untuk data pastinya masih akan diketahui sekitar Maret 2018 dari BPS (Badan Pusat Statistik),” katanya.

Selain itu diperkirakan banyak wisatawan yang memilih Kota Batu sebagai alternatif wisata karena beberapa kota atau kabupaten mengalami bencana. Wisatawan yang datang didominasi wisatawan lokal. Sedangkan wisatawan mancanegara, diprediksi tidak lebih dari 16 ribu pengunjung.

Selain itu, untuk meningkatkan target kunjungan wisatawan di tahun 2018 mendatang akan dipersiapkan program perbaikan dalam bidang promosi. Mulai dari menjalin kerjasama dengan local guide yang memanfaatkan aplikasi Google. Yakni untuk ajang mengenalkan setiap destinasi wisata di Kota Batu secara masif.

“Kita gencarkan melalui sosial media. Karena hal tersebut sangat cepat diterima oleh masyarakat,” jelas Imam. 

Kemudian juga meningkatkan potensi wisata alam dengan menggandeng desa atau keluraham di Kota Batu. Dan setiap objek wisata dan perhotelan, memaksimalkan kualitas sumber daya manusia (SDM)  pariwisatanya. Karena menurutnya dari SDM ini yang dapat menggerakkan roda wisata lebih baik.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Raafi Prapandha
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->