Bosda SD/MI Kota Batu Tahun 2018 Naik Rp 5 Ribu

foto istimewa
foto istimewa

BATUTIMES - Tahun 2018 ini Dana Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda) naik Rp 5 ribu. Kenaikan Bosda ini diberikan kepada Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) sebesar Rp 25 ribu per siswa dan per bulannya.

Jika sebelumnya Bosda hanya Rp 20 ribu per siswa dan per bulannya, dengan kenaikan Rp 5 ribu  bertambah menjadi Rp 25 ribu per siswa dan per bulannya. Dinaikkannya Bosda oleh Dinas Pendidikan (Dispen) Kota Batu melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2018 ini diharapkan mampu lebih meningkatkan mutu siswa dan sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, Mistin mengatakan, tahun 2018, anggaran operasional untuk  bosda SD/MI dinaikkan sebesar Rp 25 ribu per siswa per bulan, sebagai upayanya meningkatkan sistem pendidikan di Kota Batu.

"Kalau di tahun lalu 2017 sebesar Rp 20 ribu, sekarang jadi Rp 25 ribu per siswa per bulan ya,” kata Mistin, Jumat (12/1/2018).

Ia menambahkan anggaran operasional seperti untuk kebutuhan minum susu bagi siswa dianggarkan Rp 3.200 per siswa per kali minum. Dijadwalkan 36 kali minum susu dalam setahun. Sedangkan untuk makan pelajar sebesar Rp 5 ribu per anak setiap bulannya.

Sementara itu, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menambahkan dengan adanya kenaikan Bosda itu mampu meningkatkan mutu pendidikan di Kota Batu. Sehingga meringankan orangtua yang tidak mampu.

“Anggaran pendidikan Kota Batu dalam APBD 2018 meningkat sebesar 28 persen. Ya karena kami ingin pelajar Kota Batu ini memberikan kemajuan. Ini sebagai bentuk perhatian Pemkot Batu untuk kemajuan Pendidikan Kota Batu," jelas Dewanti.

Ia menambahkan, tidak hanya melalui meningkatkan anggaran Bosda untuk kemajuan pendidikan para pelajar, tapi, juga perlu adanya kualitas guru yang harus ditingkatkan.

“Kalau anak didik ingin maju, di situ juga harus diimbangi dengan mempersiapkan kualitas guru-guru  mulai dari wawasan hingga keterampilannya agar anak didik kami menjadi penerus memimpin Kota Batu di kemudian hari,” imbuhnya.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : debyawan erlansyah
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com