Cara Sederhana Petani Desa Sumber Brantas Atasi Hama Tanaman Ini Menarik Dicoba

Wakil Wali Kota Batu saat memetik buah paprika di area green house Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Minggu (28/1/2018). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Wakil Wali Kota Batu saat memetik buah paprika di area green house Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Minggu (28/1/2018). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

BATUTIMES - Meski cabai paprika cocok di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, tapi nyatanya tak semudah itu menanamnya. Petani pun memilih menggunakan screen house atau green house untuk budidaya tanaman ini.

Screen House itu dipasang untuk menghindari virus, hama atau penyakit. Termasuk agar cahaya matahari dapat menyinari langsung beberapa tanaman yang ada di green house. 

Petani buah paprika Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji Mashudi menjelakan budidaya tanaman ini tidak mudah. Memang butuh ketelatenan dan perawatan khusus seperti green house.

“Green house atau screen house ini salah satu cara juga untuk menghindari virus. Kalau sudah terkena hama dan sebagainya panennya pasti berkurang,” ungkap Mashudi, Mingu (28/1/2018).

Tanaman ini sangat rentan terkena beberapa hama, virus dan penyakit. Seperti hama kutu daun dan tungau.

Hama ini menyerang pucuk tanaman, tunas, bunga, buah, dan daun. Objek yang diserang hama ini adalah pucuk tanaman, tunas, dan daun mengerut dan mengeriting atau menggulung. Kemudian terjadi perubahan warna, dan pertumbuhan tidak normal.

Jika hama ini menyerang bunga dan buah maka objek yang diserang langsung gugur. Pengendalian dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti memangkas daun yang terserang hama lalu melakukan penyemprotan menggunakan pestisida.

“Memang salah satunya caranya adalah pestisida. Tapi juga gak ampuh untuk membunuh hamanya ini,” imbuhnya.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Heryanto
Publisher : Angga Lanuma
-->

    Tidak ada artikel terkait

Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->