Tahun Ini, 5 Ribu Orang Bakal Terima Bantuan Iuran Daerah

foto ilustrasi
foto ilustrasi

Pemkot Batu bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS) bekerja sama mengcover sejumlah 5 ribu warga Kota Batu menerima Penerima Bantuan Iuran Daerah (PBID). Untuk tahap satu di awal tahun ini sudah diberikan kepada 292 warga kurang mampu di Kota Batu. 

Melalui program PBID ini Pemkot Batu ingin terus berupaya memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat Kota Batu khususnya di bidang kesehatan. Jika di tahun 2017 kuota yang diberikan hanya 2.500 warga saja, kini naik dua kali lipatnya mencapai 5 ribu warga Kota Batu.

“Dari tahun ke tahun Pemkot Batu memberikan kebijakannya dan keseriusannya di bidang kesehatan. Karena kuotanya selalu meningkat setiap tahun,” ucap Kepala Bagian Operasional BPJS Kesehatan Kota Batu, Frisca Prasetyo Wibowo.

Hanya saja di awal tahun ini sudah ada 495 orang yang mengajukan bantuan PBID. Namun ternyata tidak semua yang mengajukan itu bisa lolos diterima. 

“Dari total 495 orang yang mengajukan kami seleksi dahulu. Setelah disaring yang berhak dapat 292 orang, ya karena beberapa faktor yang tidak memenuhi persyaratan,” katanya, Senin (5/2/2018).

Lalu dari sisa yang sementara ditolak yakni 203 orang ini masih diberikan kesempatan untuk melengkapi data atau persyaratan. Kebanyak kelengkapan yang kurang memenuhi syarat itu pada Nomor Induk Kependudukan (NIK).

“Ada juga yang ternyata sudah tercover dalam Jaminan Kesehatan Nasional- Kartu Indonesia Sehat, Penerima Bantuan Iuran Nasional atau PBIN,” imbuh Prasetyo saat di Balai Kota Among Tani.

Tidak hanya masalah pada NIK, sebagian yang mengajukan itu ada juga dari pegawai negeri sipil (PNS) sehingga tidak disetujui. Diketahui memang program ini menyasar kepada mereka yang kurang mampu. 

“PBID ini diperuntukkan bagi mereka yang gak mampu. Jadi kalau ada PNS yang mengajukan secara otomatis langsung kami tolak,” tutupnya.

 

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : debyawan erlansyah
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com