Diperiksa KPK, Ketua DPRD Kota Malang Hanya Ditanya Dua Pertanyaan

Ketua DPRD Kota Malang Abdul Hakim. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Ketua DPRD Kota Malang Abdul Hakim. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

Kompak, 12 Angggota DPRD Kota Malang hadiri panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI di MaPolres Batu, Senin (5/2/2018).

Dalam panggilan tersebut mereka diperiksa sebagai saksi untuk tersangka mantan Ketua DPRD Kota Malang M  Arief Wicaksono (MAW).

Ke-12 anggota DPRD Kota Malang yang diperiksa yakni Subur Triono, Suprapto, Rahayu Sugiarti, Sukarno, Sahrawi, Mohan Katelu, Abdul Hakim, Priyatmoko Oetomo, Arief Hermanto, Hadi Susanto, Tutuk Hariyani, dan Sony Yudiarto.

Dari 12 anggota DPRD Kota Malang yang memenuhi panggilan KPK itu terlihat Ketua DPRD Kota Malang Abdul Hakim yang keluar pertama kali. Ia mulai diperiksa oleh KPK sejak pukul 12.00 WIB.

“Iya saya mulai diperiksa oleh KPK sejak pukul 12.00. KPK tidak banyak memberikan pertanyaan kepada saya. Hanya ada dua pertanyaan yang dilontarkan. Mungkin untuk memperkuat bukti yang sudah ada saja,” kata Hakim usai pemeriksaan di halaman Mapolres Batu. Diperkirakan pemeriksaan akan berlangsung hingga Jumat (5/2/2018).

“Pemeriksaan sekarang ini hanya untuk memperkuat BAP seperti yang dilakukan sebelumnya di Mapolres Malang Kota saja,” ujarnya.

Sementara itu, Juru Bicara KPK Febri Diansyah membenarkan bahwa pemeriksaan terhadap 12 anggota DPRD Kota Malang tersebut untuk tersangka mantan Ketua DPRD Kota Malang M Arif Wicaksono. 

Diketahui, M Arif Wicaksono menjadi tersangka dalam kasus dugaan suap pembahasan APBD-Perubahan Pemkot Malang tahun anggaran 2015. 

Kemudian suap terkait pengganggaran kembali tentang proyek pembangunan Jembatan Kedungkandang dalam APBD Pemkot Malang tahun anggaran 2016.

Selain Arief dan Hendarwan, KPK menetapkan mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Malang Jarot Edy Sulistyono (JES) sebagai tersangka dan sudah menjalani persidangan sebagai terdakwa di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (TIPIKOR) Surabaya.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Heryanto
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com