Permudah Pemasaran, UMKM Batu Dibantu AAPI

Salah satu tim AAPI saat proses pengambila foto di PLUT, Kelurahan Ngaglik, Kecamatan Batu, Selasa (6/2/2018). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Salah satu tim AAPI saat proses pengambila foto di PLUT, Kelurahan Ngaglik, Kecamatan Batu, Selasa (6/2/2018). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

BATUTIMES - Pemasaran produk menjadi salah satu kendala yang kerap dihadapi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Asosiasi Agen Pos Indonesia (AAPI) terpanggil untuk membantu para pelaku UMKM di Kota Batu untuk mengatasi persoalan tersebut.

Kehadiran AAPI itu setelah digandeng oleh Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskumdag) Kota Batu. Rencananya, dalam waktu dekat ini Disumdag dan AAPI akan memberikan pelatihan digital marketing bagi pelaku UMKM.

Kerja sama itu ditandai dengan memorandum of understanding (MoU). Dalam keempata itu, tim AAPI juga melakukan pengambilan gambar untuk produk UMKM Kota Batu. Produk yang difoto itu seperti makanan, minuman, produk kesehatan, sabun herbal, kerajinan dan sebagainya. 

Pengambilan gambar itu dilakukan bukan untuk dipromosikan di sosial media. Melainkan untuk dijadikan katalog. Dalam katalog itu nantinya selain berisi dengan gambar produk juga dilengkapi dengam rincian pemiliknya, dan nomer hp.

“Ya rencananya nanti katalog ini akan kami sebarkan di seluruh agen di Indonesia. Tujuannya agar membantu pemasaran produk UMKM,” ungkap Kepala Kantor Pos Besar Malang Agus Aribowo, Selasa (6/2/2018).

Adanya jalinan kerja sama itu untuk membantu permasalah UMKM yang sering dihadapi. Selain itu juga untuk mensejahterakan masyarakat. Tidak hanya itu saja, saat pengiriman barang Pos Indonesia juga menjanjikan dari segi keamanan dan ketepatan waktu pengiriman. Karena terkadang banyak dari mereka mengeluhkan terkait keamanan dan ketepatan waktu.

“Banyak orang mengeluhkan karena waktu. Padahal semisal makanan kadaluarsanya lima hari, tapi pengiriman yang seharusnya tiga hari bisa sampai empat hari. Nah kami menjembatani hal tarsebut agar nyaman konsumen dan produsennya,” imbuhnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Diskumdag Kota Batu Arief As Siddiq menjelaskan bahwa adanya kerjasama itu sangat membantu para UMKM di Kota Batu. “Terima kasih atas jalinan kerjasama ini. Karena memang permasalahan saat ini adalah pemasaran dan sebagainya,” kata Arief. 

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->