Mau Wisata ke Kota Batu? Waspadai Jalan-Jalan Berlubang Ini

Jalan berlubang cukup parah di Jalan Klemuk, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Jalan berlubang cukup parah di Jalan Klemuk, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

BATUTIMES - Beberapa titik ruas jalan wisata di Kota Batu mengalami kondisi jalan berlubang cukup parah. Kerusakan itu disebabkan curah hujan yang mengguyur Kota Batu. Beberapa titik jalan berlubang cukup parah itu seperti di area menuju wisata Gunung Banyak dan Jawa Timur Park 2.

Jika menuju Gunung Banyak, jika melalui Jalan Klemuk, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, wisatawan harus sangat berhati-hati. Sebab, sebagian badan jalan berlubang cukup parah.

Tidak hanya satu lubang yang memiliki kedalaman cukup rawan. Ada beberapa jalan berlubang yang cukup parah. Sehingga, para pengendara yang melewati daerah tersebut harus lebih waspada.

Apalagi jalan berlubang itu disertai sampah-sampah plastik yang menyangkut di aspal jalan. Namun ada pula jalan berlubang yang sudah diberi tanda atau pemberitahuan dengan menggunakan tongkat bambu dan kantong plastik berwarna merah agar pengendara tidak melewatinya.

Banyak pengendara yang menghindari jalan berlubang itu. Dampaknya, pengendara menggunakan sebagian ruas jalan. Oleh sebab itu, jika berkendara di daerah tersebut, perhatikan kecepatan dan tingkatkan kewaspadaan. Sebab, jalan itu memiliki tanjakan dan turunan yang rawan. Bahkan, beberapa kali telah menyebabkan kecelakaan.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu Alfi Nurhidayat menjelaskan, musik hujan ini intensitas jalan berlubang cukup parah memang tinggi. Sebab, ada beberapa drainase yang tidak begitu berfungsi sehingga menyebabkan air tidak mengalir di drainase. “Meskipun di sana sudah ada drainase, sepertinya tidak berfungsi dengan optimal sehingga menyebabkan aspal mudah rusak,” ungkap dia. 

Padahal, lanjut Alfi, sebelumnya jalan berlubang di Klemuk itu sudah ditambal. Tapi karena saat ini terus hujan, jalan kembali kurang optimal. “Iya itu sudah dikerjakan beberapa waktu yang lalu. Tapi saat itu terus hujan, jadi rusak lagi atau kurang optimal,” imbuhnya, Selasa (13/2/2018).

Namun melihat jalan yang cukup rawan, bina marga bakal segera menindaklanjuti dengan segera dilakukan penambalan ulang. Penambalan Jalan Klemuk bakal dilakukan setelah menambal di jalan-jalan protokol Kota Batu.

Alfi menambahkan, pengguna Jalan Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, tepatnya di depan Jatim Park 2  juga harus berhati-hati karena jalan berlubang cukup parah.l Karena itu, pihak PDUPR Kota Batu akan segera melakukan eksekusi peningkatan ruas jalan. Rencananya akan dilakukan pengaspalan dengan hotmix. 

Parahnya, jalan yang ada di depan Jatim Park 2 itu sering rusak disebabkan drainasenya buruk. Apalagi beban lalu lintasnya tinggi sehingga cepat rusak. (*)

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Yunan Helmy
Publisher : debyawan erlansyah
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->