Mudik 2015

Mudik Lebaran 2015, Penumpang Bus Menurun Drastis

Bandara Abd Saleh yang siap tampung pemudik lebaran 2015 (Foto: Deny/malangtimes)
Bandara Abd Saleh yang siap tampung pemudik lebaran 2015 (Foto: Deny/malangtimes)

MALANGTIMES – Menteri Perhubungan RI, Ignasius Jonan, mengaku ada penurunan pemudik yang menggunakan jasa transportasi darat berupa bus.

Saat memaparkan prediksi mudik dan arus balik lebaran 2015, ia menyebut, penumpang bus turun hingga 5,97 persen dibanding tahun lalu.

Lain hal dengan moda transportasi lain, penyeberangan naik 3,58 persen, kereta api 8,54 persen, laut 3,00 persen, dan udara 1,96 persen.

“Masyarakat kini lebih cenderung gunakan mobil pribadi ketimbang sarana umum, ini yang perlu kita perhatikan,” kata Ignasius Jonan.

Ia khawatir, banyaknya warga yang menggunakan kendaraan pribadi bisa berdampak naiknya angka kecelakaan. Dia mengimbau jajarannya, terutama dinas perhubungan agar membuat posko penyelenggaraan lebaran terpadu selama 26 hari.

“Pada H-15 sampai H+9 saya imbau petugas siaga, jangan ada liburan. Kita bantu pengamanan lebaran,” lanjutnya.

Selain itu, Kemenhub juga sediakan armada untuk mendukung arus mudik dan balik lebaran tahun ini. Meskipun ada penurunan penumpang bus, Ignasius tetap memprioritaskan penumpang lewat darat.

Untuk bus disiapkan 44.871 armada, penyebrangan 187 kapal ro-ro, laut 1.264 kapal, udara 450 pesawat dan KA siap operasi (SO) 1.637 unit. 

Pewarta : M Deny E Rahmawan
Editor :
Publisher : Yatimul Ainun
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->